Budidaya Tanaman Anggrek

Sumber : http://www.deptan.go.id/ditlinhorti/

A. ASPEK LINGKUNGAN

Secara alami anggrek (Famili Orchidaceae) hidup epifit pada pohon dan ranting-ranting tanaman lain, namun dalam pertumbuhannya anggrek dapat ditumbuhkan dalam pot yang diisi media tertentu. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman, seperti faktor lingkungan, antara lain sinar matahari, kelembaban dan temperatur serta pemeliharaan seperti : pemupukan, penyiraman serta pengendalian OPT.

Pada umumnya anggrek-anggrek yang dibudidayakan memerlukan temperatur 28 + 2° C dengan temperatur minimum 15° C. Anggrek tanah pada umumnya lebih tahan panas dari pada anggrek pot. Tetapi temperatur yang tinggi dapat menyebabkan dehidrasi yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman.

Kelembaban nisbi (RH) yang diperlukan untuk anggrek berkisar antara 60–85%. Fungsi kelembaban yang tinggi bagi tanaman antara lain untuk menghindari penguapan yang terlalu tinggi. Pada malam hari kelembaban dijaga agar tidak terlalu tinggi, karena dapat mengakibatkan busuk akar pada tunas-tunas muda. Oleh karena itu diusahakan agar media dalam pot jangan terlampau basah. Sedangkan kelembaban yang sangat rendah pada siang hari dapat diatasi dengan cara pemberian semprotan kabut (mist) di sekitar tempat pertanaman dengan bantuan sprayer.

Berdasarakan pola pertumbuhannya, tanaman anggrek dibedakan menjadi dua tipe yaitu, simpodial dan monopodial. Anggrek tipe simpodial adalah anggrek yang tidak memiliki batang utama, bunga ke luar dari ujung batang dan berbunga kembali dari anak tanaman yang tumbuh. Kecuali pada anggrek jenis Dendrobium sp. yang dapat mengeluarkan tangkai bunga baru di sisi-sisi batangnya. Contoh dari anggrek tipe simpodial antara lain : Dendrobium sp., Cattleya sp., Oncidium sp. dan Cymbidium sp. Anggrek tipe simpodial pada umumnya bersifat epifit.

Anggrek tipe monopodial adalah anggrek yang dicirikan oleh titik tumbuh yang terdapat di ujung batang, pertumbuhannnya lurus ke atas pada satu batang. Bunga ke luar dari sisi batang di antara dua ketiak daun. Contoh anggrek tipe monopodial antara lain : Vanda sp., Arachnis sp., Renanthera sp., Phalaenopsis sp., dan Aranthera sp.

Habitat tanaman anggrek dibedakan menjadi 4 kelompok sebagai berikut :

  • Anggrek epifit, yaitu anggrek yang tumbuh menumpang pada pohon lain tanpa merugikan tanaman inangnya dan membutuhkan naungan dari cahaya matahari, misalnya Cattleya sp. memerlukan cahaya +40%, Dendrobium sp. 50–60%, Phalaenopsis sp. + 30 %, dan Oncidium sp. 60 – 75 %.
  • Anggrek terestrial, yaitu anggrek yang tumbuh di tanah dan membutuhkan cahaya matahari langsung, misalnya Aranthera sp., Renanthera sp., Vanda sp. dan Arachnis sp.
    Tanaman anggrek terestrial membutuhkan cahaya matahari 70 – 100 %, dengan suhu siang berkisar antara 19 – 380C, dan malam hari 18–210C. Sedangkan untuk anggrek jenis Vanda sp. yang berdaun lebar memerlukan sedikit naungan.
  • Anggrek litofit, yaitu anggrek yang tumbuh pada batu-batuan, dan tahan terhadap cahaya matahari penuh, misalnya Dendrobium phalaenopsis.
  • Anggrek saprofit, yaitu anggrek yang tumbuh pada media yang mengandung humus atau daun-daun kering, serta membutuhkan sedikit cahaya matahari, misalnya Goodyera sp.

219 thoughts on “Budidaya Tanaman Anggrek

  1. kiat – kiat merawat anggrek cukup menarik,yang menjadi permasalahan adalah anggrek saya jika musim hujan pada busuk akarnya dan kelamaan jadi kurus dengan daun kekuningan .bagaimana cara menyelamatkannya

  2. Bagaimana membudidayakan anggrek khususnya anggrek bulan,bronder,berapa kali intensitas penyiraman dan pemupukannya serta jenis pupuk apa yang dipakai?
    Dimana saya harus mendapatkan bibit yang baik khususnya didaerah kota malang. trimakasih

  3. Saya punya tanaman anggrek jenis Vanda dan Catleya. Tapi saya nggak tahu bagaimana cara merawatnya? Perawatan yang bagaimana agar bisa berbunga karena sudah lama gak bisa berbunga, apakah ada obat perangsang bunga atau pupuk?
    Terima kasih atas tanggapannya.

  4. saya punya anggrek jenis paphiopedilum javanicum dan sekarang sedang berbunga dan sekarang permasalahannya katannya tmn saya jenis itu sangat sulit sekali berbunga pada daerah malang.Apa benar kata tmn saya itu?klo bisa saya minta daftar bahan kimia unuk pembibitan anggrek.Klau boleh saya minta daftar bahan kimia V&W dan juga media MS.Sata sangat senang dengan adanya situs ini.Semoga pada tahap berkelanjutan bisa di perbanyak informasi tentang dunia anggrek.Terima kasih.

  5. Sekitar 2 minggu belakangan saya mulai memelihara 1 pot anggrek bulan yang sudah berbunga di dalam ruangan kantor, tapi kira2 beberapa hari ini salah satu daunnya mulai terlihat kuning. Mohon info tentang perawatan anggrek bulan, apa yang mesti saya lakukan?

  6. aku adalah seorang mhswi UNCEN FMIPA BIO. aku ingin meneliti ttg media tanam anggek. Tolong ksh tau info ttg hal itu. Thanks

  7. Salam hormat,
    Saya sudah beberapa bulan memulai hobi merawat anggrek dan sudah punya beberapa koleksi. Namun ada beberapa koleksi saya yang daunnya terdapat bercak-bercak hitam dan ada juga yang ditempeli semut hitam. Bagaimana cara mengatasinya?

    Terima kasih.

  8. Hampir 2bulan terakhir ini saya jatuh suka memelihara bunga anggrek, yang saya punya saat ini adalah jenis Phalaenopsis. Karena saya tinggal di daerah 4musim, bagaimana cara memelihara yang benar? Pupuk apa yang musti saya gunakan… selama ini yang saya gunakan adalah dengan menyemprotkan Orchidae Dungen Liquid dengan perbandingan 1:100 (ml). Bagaimana dengan efek cahaya/ matahari untuk tanaman Anggrek?
    Terimakasih

  9. YSH, Mba’ Amelia, Sy. coba respons yang masih anyar bulannya, mumpung masih hangat, genus Phalaenopsis, butuh kelembaban tinggi dan membutuhkan cahaya/sinar matahari, udara yang cukup, mk d/t menggunakan paranet 75%, untuk pupuk bisa menggunakan hydrophonix,Growmore, atau pupuk Organik, dan dengan cara penyemprotan juga boleh (khususnya u/ pemupukan dan pemberian obat u/ perawatan) Sementara itu dulu TXS.

  10. saya punya beberapa anggrek bulan sudah saya coba pupuk anjuran temen saya growmore tapi sudah cukup lama anggrek saya tidak berbunga, dan malahan batang nya tetap kurus kurus….saya minta tolong bagaimana caranya supaya anggrek cepat berbunga dan teknik perawatan anggrek yang benar..terimaksih banyak..

  11. Terima kasih – untuk uraian ilmu anggrek ini, dan sangat berguna bagi kami yang baru memulai mengenal dan mencintai anggrek.-
    Semoga ilmu anda akan terus berkembang dan membawa manfaat bagi manusia banyak.-
    Wassalam.-

  12. saya mau nanyak nih tentang budidaya anggrek dengan kultur jaringan dann gimana caranya ,,,, makasih.

  13. Saya tinggal di Bandung, ingin mengetahui alamat pembudi daya anggrek berskala menengah dan besar yang dapat dikunjungi oleh umum.
    Mohon informasinya

    Terimaksih atas perhatian dan bantuannya

  14. Saya pemula, lagi mencoba menanam anggrek phalaenopsis …yang dari botol.Jenisnya apa ya.. pokoknya di label botol ada ‘budha…’ nya (orang pasti bilang nekad… pemula kok beli botolan, katanya susah ya ?) udah dipindah ke media sekitar 3 minggu..ehh.. masih hidup..
    Pupuk apa yang cocok dipakai, takaranny dan frekwensi penyiraman berapa kali ? tolooooong dongg…

    baca dibuku tapi gak lengkap.. jadi kalo ada yang pakar dan mau berbagi ilmu.. saya seneng banget lho…. thanks

  15. Seperti halnya anggrek yang hidup di alam, mereka dapat makanan dari lapukan kotoran burung, daun dan ranting yang lapuk dan dibawa oleh air hujan, sedikit demi sedikit. Jadi prinsipnya pupuk dalam jumlah sedikit tapi kontinyu, jangan memupuk dalam dosis tinggi, akarnya bisa mati.
    Saya tidak punya pengalaman mupuk yang masih bayi, tapi rasanya nggak beda dengan yang dewasa. Ambilah seujung kuku utk dilarutkan kedalam 1 lt air. Semprotkan merata pagi dan sore. Cukup seminggu sekali. Jangan lupa sering disiram basah kuyup untuk menghilangkan akumulasi pupuk dimedia.
    Amati responya sebulan. Bila pertumbuhannya bagus, teruskan. Bila ujung akarnya gosong, berarti dosisnya terlalu tinggi.
    Jenis pupuknya bisa macam2, yang penting pupuk daun & kandungan N -nya tinggi. Coba ambil 2 jenis/merek berbeda diaplikasikan selang-seling … biar nggak bosen, katanya….:)
    Salam

  16. Bagaimana ya supaya daun anggrek saya berwarna kuning dan ditengahnya ada warna hitam(busuk gitcu)thanx

  17. Saya ingin tau banyak tentang anggrek bulan. Saya ingin tahu tentang jenis-jenis/varietas dari anggrek bulan. Dan saya ingin tahu berapa harga bibit dan tunas dari berbagai varietas anggrek bulan. Kira-kira, pupuk dan media tanam yang cocok untuk anggrek bulan apa? Terima Kasih

  18. saya kepengen tahu jenis-jenis anggrek dan cara perawatanya, terutama media untuk tanaman anggrek? Pupuknya memakai apa? biar cepat tumbuh dan berbunga di beri apa? karena saya sering mendapat anggrek langsung dari hutan!

  19. Kami pernah bertanam anggrek s/d 1000 pot, bibit dari dalam botol yang kami beli di Bandung 8 botol sehingga jadi tanaman anggrek yang berbunga untuk jenis dendrobium tetapi kerepotan untuk menjual bunganya. Tolong donk, sebaiknya marketingnya bagaimana? (Kami salurkan via koperasi anggrek didaerah tempat tinggalku harganya murah) Karena tadinya kami hobi, jadi sayang bila dijual. Akan tetapi ternyata banyak rekan yang hanya minta……. e.. akhirnya malah jadi tempat permintaan saja tanpa barter atau dibayar. Ngomong2 pelihara anggrek gampang & mudah, apalagi jenis catleya.

  20. aku mempunyai tanaman Anggrek di media polybag, pertumbuhan tanaman itupun tidak begitu menggembirakan dibandingkan dengan yang menggunakan media tanam pot dari tanah liat. aku nggak tahu mengapa. bagi siapapun yang berkenan membantu saya, cepat kirim e-mail. aku berharap sekali karena aku adalah penggemar anggrek yang masih pemula.

  21. Jenis pupuk apakah yang bisa diberikan supaya aggrek akarnya banyak dan kuat disamping itu juga cepat berbunga. Apakah cukup dengan 1 jenis pupuk saja atau perlu di variasi, tolong di balas ya….?
    thanks

  22. Saya minta tolong di beri tahu daftar jenis dan harga anggrek yang beredar dipasaran saat ini!Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih:)

  23. anggrek dendrodium saya sekarang ada anakannya dan mulai tumbuh akar, gimana kalo langsung dipotong, apa tidak merusak indukannya ? lalu bisa berbunga lagi kira-kira kapan ya? Tolong donk kasih jelas itu hal

  24. Dear mas Rijal
    Induk bisa dipecah bila bulb/batang aktifnya cukup sehat dan banyak >3 buah, anakan yang dipotong pun harus sudah cukup dewasa dan lebih bagus lagi saat pertumbuhannya mendekati mkasimum.

  25. saya punya bbrp anggrek bulan tapi sering busuk pucuk daun yg akhirnya mati
    bgmn pencegahannya, saya menggunakan pupuk top soil dan sugih tani tolong saya, mksh

  26. Gue lagi belajar mupuk anggrek, biasanya pake 2 jenis buat bibit sama buat yang udah siap berbunga. Lha kalo satu pot ada yang bibit, dewasa & siap berbunga gue harus pake pupuk jenis apa ? Soalnya gue penasaran tuh angrek bunganya gak maksimal. Makasih,

  27. Tolong donk kasih tahu aku, anggrekku yang sudah berbunga tiba-tiba layu dan kering, ternyata bagian bawah pot itu di tempati semut sehingga akar pakis yang sebagai media berubah menjadi tanah. Yang aku tanyakan apakah itu pengaruh dengan pertumbuhan anggrek? terus bagaimana caranya supaya pot tidak dipakai sebagai sarang semut.
    trim’s

  28. Wah,,, cukup lengkap dan detail dalam mengupas nya
    Dan mudah dipahami bagi yang masih awam seperti saya.
    Salut dan ajungan jempol untuk artikel ini

  29. saya pemula nanam anggrek, ingin tau cara bertanam angggrek yang baik dan perawatanya. dan dimana saya bisa dapat retail dari pupuk top soil dan multi tonik saya tinggal di tobasa sumut. mohon informasinya trim’s

  30. saya kepengen tahu jenis-jenis anggrek dan cara perawatanya, terutama media untuk tanaman anggrek? Pupuknya memakai apa? biar cepat tumbuh dan berbunga di beri apa. Tolong bantu saya krn anggrek pemberian mertua

  31. Ass.wr.wb
    kepada semua pecinta anggrek dimana saja berada…
    ummm, saya baru saja ingin memulai memelihara anggrek…
    adakah yang mau memberikan anggreknya (yang biasa saja)… saya sangat memerlukan bimbingan, karena saya sangat menyukai anggrek, tetapi kesulitan dalam hal memulai…kalau ada yang mempunyai panduan dsb… plis help me… saya ingin belajar…

    kalau ada yang terbuka untuk membantu, maka kirimkan bibit anggreknya ke : Jl. Sei Miai Dalam, No. 42 RT. 6 Banjarmasin 70123
    Insya Allah ongkos kirim akan diganti.
    Wass.wr.wb

  32. apakah bisa anggrek hitam di kultur jaringan? ada gak kultur jaringan anggrek hitam? klo ada dimana
    terima kasih

  33. Saya mempunyai anggrek catleya daun satu yang saya beli masih kecil/anakan.
    Sudah hampir 1,5 tahun belum juga berbunga tetapi bertambah terus daunnya hingga sekarang ada 7 daun. Saya tinggal di Sidoarjo, Jatim.
    Kapan bisa berbunga? Sesuaikah dataran Sidoarjo untuk catleya?
    Terima kasih sarannya.

  34. Untuk hobiis pemula anggrek, ini pengalaman saya sebagai pemula dalam merawat anggrek koleksi. karena tinggal didaerah seperti jakarta yang panas ditambah minim pengalaman dalam merawat anggrek jadi awalnya bener-bener pesimis. jenis favorit cattleya sama dendrobium. setelah mencoba berbagai media(sabut kelapa, akar pakis hancur,akar pakis padat&arang), kayanya yang paling cocok buat anggrek saya yang di pot adalah arang, untuk memperbanyak & paling cepat tumbuh tunas, batang anggrek yang sudah dipisah ditempel di akar pakis(banyak dijual di penjual tanaman.Jangan kena panas matahari langsung diatas jam 11 siang. trus disiram pake air bekas cucian beras atau ampas teh basi tiap pagi(ramah dikantong). Cattleya saya sudah 2 kali bbunga dan setiap selesai bunga (sebulan) selalu tumbuh tunas baru. dendrubium masa bbunganya lebih lambat dari cattleya, tapi rajin bertunas.selamat mencoba.

  35. saya memelihara tanaman anggrek tp sy ga tau itu jenis apa, jenis warna ungu, aku menggunakan media penanaman dari batu bata dan arang, itu membuat anggrek jadi subur. Air beras sangat cocok dipakai sebagai pengganti pupuk

  36. saya memelihara tanaman anggrek tp sy ga tau itu jenis apa, jenis warna ungu,dan kuning saya menggunakan media penanaman dari arang,apakah itu baik atau ada yang lebih baik lagi,sebagai pengganti pupuk ,
    bagaimana caranya memelihara anggrek tersebut…..,kalau pupuk yang baik untuk tanaman anggrek apa ya…………..thnks dayat

  37. Saya mahasiswi agronomi-unila dan kebetulan mendapat tugas tentang ini
    Tolong jelaskan deskripsi gejala defisiensi hara mikro pada tanaman anggrek?
    terima kasih ya sebelum dan sesudahnya…

  38. Sebenarnya anggrek jenis dendrodium penyiraman sehari-harinya hanya di bagian daun, tunas, dan akar.. Atau bunganya juga disiram? Karena saya dengar2, bunga anggrek tidak boleh disiram. Saya baru memulai merawat tanaman anggrek, tolong dijawab ya. Terimakasih.

  39. pengen tau dong tanggal dan gimana caranya ikutan seminar-seminar tentang anggrek yang diadaain sama perguruan tinggi

  40. bisa tolong aq untuk mencari apa aja guna dari air cucian beras, selain bisa dipakai untuk menyuburkan tanaman anggrek…pasti ada guna yang laen toh.., tolong ya. eh, satu lagi. ama komposisi air cucian berasnya juga ya.tolong dunk.penting untuk penelitian q.makasih yaaa..

  41. ada kaltim, tepatnya d kab. pasir, ada yang jualan anggrek. diantaranya anggrek hitam,vanda,larat putih,meteor/macan,tebu dan beberapa jenis lagi yang saya tdk tau namanya..

  42. pengen tau donk manfaat madu yang berasal dari tanaman anggrek?
    bedanya madu dari tanaman anggrek dg dari tanaman yg lain apa y?

  43. Tolong Jelaskan bagaimana teknik budidaya Anggrek dengan kultur in vitro. Tahap-tahap pelaksanaan metode in vitro itu bagaimana seh????
    Tolong dijawab yaa..
    Terima kasih sebelumnya

  44. Tolong jelaskan apa pemberian air cucian beras pada tanaman Caladium bisa mempengaruhi pertumbuhannnya??? Lalu apa memang benar air cucian beras itu dapat mempercepat pertumbuhan segala jenis tanaman??klo tidak,jenis tanaman apa saja yang pertumbuhannya dapat dirangsang oleh air cucian beras itu apa saja? saya mohon dijawab secepatnya soalny saya butuh jawaban dari anda……………. Thanks

  45. Saya seorang pemula dalam hal anggrek bulan, makanya saya ingin tukar pengalaman soal budidaya anggrek bulan. Saya pingin beli anggrek botolan kualitas hibrid, dan saya tentunya minta jaminan.
    Mengapa demikian, hampir ratusan botol yang saya beli kualitas bunga sebagian kecil. apakah akibat belinya di nursery kaki lima. Untuk rekan yang ingin coba bibit botolan jangan takut, dan jangan pernah merasa rugi. Saya sudah rasakan yang namanya rugi, baik bibit yang mati, maupun pertumbuhan bunganya tidak memuaskan.
    Aku akui, banyak teman atau tetangga yang bilang sulit memelihara anggrek botolan, itu mungkin karena mereka mengalami nasib jelek, untuk kemudian takut mencoba lagi.
    och saya, setelah mengalami kegagalan kemudian mencoba lagi, meski jalan berliku dan perlu waktu, boleh dinilai cukup berhasil dan bibit anggrek bulan remaja saya jual Rp15 ribu hingga Rp17.500/bibit, malah yang baru keluar dari botol dan baru berusia dua atau tingga bulan sudah laku Rp5000 hingga Rp7.500/bibit, yang dijamin hidup pada iklim tropis seperti di Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
    Perlu rekan-rekan perhatikan, untuk pembudidayaan anggrek bulan botolan, adalah masalah iklim. Camkan, iklim di Jawa sangat berbeda dengan di Banjarmasin, atau daerah lain di Indonesia, ini yang perlu diperhatikan. Untuk itu diperlukan beberapa percobaan untuk penentuan suhu yang cocok untuk perkembangan bibit, misalnya pot yang digunakan, media. Misalnya, untuk Banjarmasin tidak memungkinkan atau perlu pertimbangan menggunakan 100 persen moss untuk media, karena akan cepat pembusukan pada akar.
    Tapi semua memang perlu uji coba lagi, mungkin ada rekan yang bisa membantu. Saya sangat berterima kasih.

  46. bagaimanakah sebenarnya perawatan anggrek yang benar?
    1. Apakah anggrek harus terkena sinar matahari secara direct
    2. Berapakah intensitas penyiramannya?
    3. Agar cepat berbunga adakah formula khususnya?
    4. Apabila disiram terus-menerus apa akan menyebabkan akar menjadi busuk?
    terima kasih..

  47. To Alans,
    Anggrek apapun jenisnya tidak diperbolehkan kena cahaya matahari langsung. biasanya perlu diberi naungan atau diletakkan di bawah pohon, teras, atau diberi paranet. intensitas penyiraman bergantung dengan media tanam dan lokasi penanaman. untuk media moss, sebaiknya tunggu sampai media agak kering biasanya 2 hari sekali. kalau arang, pakis boleh setiap hari…cara yang paling mudah adalah periksa media tanam. agar cepat berbunga bisa dengan pengaturan intensitas penyinaran dan gunakan pupuk tinggi P dan K. kalau disiram terus, pasti akan busuk apalagi menggunakan moss.

  48. saya pecinta angrek, sy ingin menambah koleksi angrek, apakah bisa/tahan angrek dikirim dari luar daerah sy di kalimantan barat. mohon info dan caranya. thanks

  49. Saya 1 tahun menanam anggrek tp tidak pernah berhasil, media yg saya pakai adalah arang anggrek yang saya tanam akarnya membusuk dan mati apakah ada pupuk khusus utnuk anggrek ??

  50. Buat Pak Martha
    Saya tidak pakar tapi udah tanam anggrek 15 tahun lalu, pelajari dulu karkteristik dan jenis anggrek yang ditanam amat penting menentukan kunci keberhasilan anda. Kalo boleh tahu anggrek apa yang bapak tanam?

  51. Gimana kalo perbanyakan secara cepat dan dengan hasil yang banyak… Gak tergantung musim lagi..
    Ikutan Kursus Kultur Jaringan Yuuk…
    KURSUS KULTUR JARINGAN TANAMAN SKALA RUMAH TANGGA.
    Diadakan oleh PKA, Fak. Pertanian UPN “Veteran” Yk.
    Pelaksanaan tgl 7,8,9 Maret 2008.
    Jam 09.00 – 15.00.
    Tempat di Lab. Kultur Jaringan Tanaman, Fak Pertanian UPN “Vet” Yk.
    Biaya Rp. 1.400.000,-/ orang untuk 3 hari.
    Pendaftaran di Ruang Pusat Kajian Agribisnis (PKA) (0274)486693, Ringroad Utara ConCat, Yk. Bisa juga via Rekening BNI CAPEM UGM atas nama HIDAYATI NINGSIH dengan rekening 38941149. Atau Hub: 081392985313/081931713557 (Lia). Ari: 08562900200
    Fasilitas: Buku Kuljar, Buku Penunjang lain, Handout kursus, Kursus-kit, Bahan kursus, makan siang.
    Materi: Kuljar Anggrek, Anthurium, Aglaonema dan Sansevierea. Pembuatan Media tanam (kimia dan alami/ alternatif), Sterilisasi (eksplan, media, peralatan,dll), aklimatisasi anggrek, diskusi dan konsultasi.
    Bagi yang ingin mencoba tanaman lain, dapat membawa bahan eksplannya sendiri.
    Kami melakukan pembimbingan dan konsultasi saat kursus, setelah selesai peserta kursus tetap dapat berkonsultasi GRATIS secara langsung maupun via sms dengan TIM kami bila mengalami kesulitan di dalam prakteknya.
    Ayooo… Ikutan!

  52. saya ingin mulai menggeluti tanaman anggrek dan saya ingin mulai dengan jenis cattleya yang saya dapat bibit yang maish dalam botol. untuk pemindahan ke kompot apa aj yang hrs saya siapkan n langkah-langkah pemindahan dari botol ke kompot. thanx

  53. saya sangat memerlukan informasi tentang bagaimana CARA KULTUR JARINGAN pada anggrek dan tahap2 yang hrs saya ikuti dengan mudah dan terperinci.
    saya adalah hobiis anggrek dan berniat ingin memperbanyak koleksi saya yang ada dirumah.jadi mohon bantuanya…

  54. saya sangat memerlukan informasi tentang bagaimana CARA PEMBIBITAN ANGGAREKJENIS CATTLEYA DALAM BOTOL bahan-bahan apa saja yang harus disediakan untuk pembibitan anggrek dalam botol?
    Saya mohon bantuannya….

  55. salam kenal. saya mau bikin karya tulis tentang pengaruh penyiraman dengan air cucian beras terhadap pertumbuhan tanaman. ap air cucian beras itu cuma berdampak buat anggrek saja? terus, apa aja kandungan dalam air cucian beras itu yang bisa merangsang pertumbuhan/menyuburkan tanaman?tlg rply scptny.sy sgt perlu utk tugas karya tulis saya.thx b4^^

  56. Pingback: BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK « Elikzuniaroh’s Weblog

  57. Pingback: BUDIDAYA TANAMAN ANGGREK « Elikzuniaroh’s Weblog

  58. byasana di bunga anggrek itu kan sering ada semacam buah yabg di dalamna ada serbuk2 gt.nah itu buat apa?trus klo itu biji,gmn cara pengembangbiakannya?

  59. saya penggemar anggrek tapi masih baru…gmana cara mendapatkan jenis anggrek hitam ya….please

  60. hai inoy,
    saya punya 3 pot tapi belum berbunga. saya memang rencana mau menjualnya. inoy mau beli berapa? anggrek ini saya dapat dari irian. Raymond (0813-83905546)

  61. asalamualaikum,saya mau tanya tentang perkembangbiakan anggrek tanah itu bagai mana ya? tolong di bantu ,ini untuk laporan biologi di sekolah

  62. saya termasuk pemula dalam menanam anggrek.mula2 gak hobi karena itu anggrek sebenernya dikasih mama. eh lama2 …asyik juga merawat anggrek. walo gak tau nama n jenis anggrek nya. alhamdulillah berkat rasa sayang cie…., pemupukan, insektisida n air beras/air cucian baju sekarang bunga anggrek berlomba2 memamerkan kecantikannya. tapi ada yang aneh…. ada jenis yang gak berbunga2 malah daunnya kuniiiiing…melulu. ada apa ya pak mohon bantuan nya.tnx

  63. sya trmsk pemula dalam membiakan anggrek.sy coba merawat dr kecil namun sering mati, daunnya mengkerut dan akar mjd busuk dan kering…. Yg mau sy tanyakan apakah yg nyebabin yg semula akar phalaenopsis mulanya hijau segar dan sehat kemudian mulai timbul bercak2 hitam dan lama kelamaan akar busuk?apakah krn kepanasan/kurang air/kelebihan air atau yg lainnya?dan bagaimana mengatasinya?mohon bantuannya, terima kasih sebelumnya…

  64. sy mempunyai tanaman anggrek ,
    tp kok gak pernah berbunga ya,
    n tanaman tersebut saya tempat kan di tempat yg tidak terkena sinar matahari ,apkah ad hubungan nya ..?
    berbagai cara ud di lakukan dgn memberi pupuk dan sebagai nya.mohon nasehat nya gmn ya,agar anggrek nya dpt berbunga .thanks

  65. sy mempunyai anggrek n baru berbunga,tp bunganya cuma 3buah n daunnya menguning trus kering,tnman tsb sy tmpatkan ditempat yg tdk langsung terkena sinar matahari,
    sbagian tanaman anggrek sy juga gak pernah berbunga,padahal sdah sya ksih pupuk dan obat perangsang bunga,mohon nasehatnya, trims…

  66. Kalau Anda selain penghobi Anggrek Phalaenopsis, juga punya hobi pelihara ikan dalam aquarium, boleh coba cara ini.
    Rendam anggrek tsb. dalam air cucian Filter aquarium (filter jangan dicuci pakai air dari ledeng, tapi pakai air yang diambil dari aquarium agar bateri yang berguna untuk filter biologis itu tidak mati karena kena air ledeng). Rendam selama 2 jam, kemudian tiriskan.
    Pengalaman saya, anggrek itu tumbuh subur, akarnya banyak, daunnya tebal-tebal dan selalu berbunga banyak.
    Semoga pengalaman ini juga bisa berhasil dipraktekkan oleh sesama penghobi.

  67. Saya baru mencoba untuk merawat anggrek, hal yang pertama yang saya ingin tanyakan, 1.bagaimana cara merawat anggrek agar bertahan lama ?, 2. apa kendala dan hambatan dalam merawat anggrek ?, 3.apakah ada cara untuk mempercepat proses perkembangan bunga ?

  68. Dear All,

    Saya lagi mencoba budi daya anggrek, karena masih awam mohon bantuan informasi, jenis anggrek yang cocok untuk daerah Bandung, kebun saya kira-kira 400M2, saya punya cita-cita untuk melestarikan anggrek milik kekayaan hayati Indonesia. Rencana kebun saya akan dijadikan bernuansa HUTAN ANGGREK.

    Pada saat ini saya sedang berburu semua jenis anggrek.

    Terima kasih.

    wassalam

  69. Pingback: kampuscafe.net » Anggrek, Bunga Kehidupan

  70. buat Kang Asep Rahmat

    di Bandung yang cocok catleya, vanda, dendero atau phalaenopsis. tapi kalau anda mau yg cepet. yg bagus Phalaenopsis (anggrek bulan).

    anda butuh bibit botol, kompot atau seedling hub.
    email phals_orchids@yahoo.com

    cell. 0787 5964 8182

  71. Pingback: Anggrek, Bunga Kehidupan | myfayce.com

  72. Dear all…
    Saya sedang melakukan penelitian tentang akar pakis sebagai carrier bakteri pelarut fosfat, tapi saya kekurangan referensi tentang unsur2 hara yang terkandung dalam akar tanaman apkis itu sendiri… Apakah ada yang tau? jika ada mohon bantuannya ya… terima kasih…

  73. aku punya jenis anggrek namanya paraphalaenopsis asal kalimantan tengah. namun kondisinya belum segar. dalam kesempatan ini aku minta penjelasan bagaimnan caranya agar tanaman anggrek yg tergolong laqngka dapat terselamatkan. trimakasih atas infonya.

  74. Dear Dik Chandra Mayana,

    Untuk menumbuhkan biji-biji anggrek tsbut, cara pling praktis dik Chandra bisa menghubungi laboratorium kultur jaringan yg biasanya ada di Fakultas Biologi atau Fak.Pertanian di kampus-kampus terdekat.

    Salam

  75. saya punya bibit anggrek Dendrobium kuljar yang sudah siap tanam. saya minta bantuan informasi tentang media tanam anggrek yang baik. terima kasih

  76. setahu aku sih anggrek suka kena matahari tapi jangan terlalu panas, aku pelihara anggrek di Bogor,sering banget berbunga, pake pupuk untuk anggrek aja disemprot di daun, banyak kok di toko-toko pertanian, trus kalo anggrek sudah terlalu banyak anakan sebaiknya dipisahin, tangkai bekas berbunga jangan langsung dipotong karena bakal ada bunga sekunder yang tumbuh dari batang itu, tapi pupuk untuk bunga jangan dikasih, kalo daun anggrek terlalu sedikit karena bunga yang jadi bisa busuk dan gagal gara-gara ga dpt supply makanan dari daun, pake dulu pupuk untuk daun kalo daunnya udah hijau dan sehat baru kasih pupuk bunga.

  77. saya punya anggrek dari kalimantan asli yang kebetulan dibawakan teman, selama ini saya belum pernah pelihara anggrek.yang saya tanyakan bagaimana merawat anggrek dan memelihara anggrek soalnya anggrek saya batangnya jadi keriput ya tolong email ke saya terima kasih

  78. Saya dan suami pecinta tanaman hias. Aglaonema, Sansevieria dan Anthurium adalah beberapa jenis tanaman hias yang kami koleksi. Awalnya, seperti perempuan umumnya, saya juga suka bunga-bungaan. Tapi karena fokus keindahannya pada bunga dan proses membungakan tidak ‘seindah’ menikmatinya, akhirnya keinginan untuk itu di-ignore sementara. Saat ini, tiba-tiba ada semacam ‘tantangan’ untuk juga bisa memelihara tanaman hias jenis bunga, terutama anggrek. Setelah membeli beberapa jenis Dendrobium, saya coba untuk browsing cara-cara perawatannya.

    Ternyata…, benar! ‘Juklak’ perawatan anggrek lumayan ‘complicated’ jika dibandingkan dengan tanaman hias berdaun indah. Jadi agak khawatir juga….

    Untuk itu, kepada para pecinta dan hobiis anggrek, saya mohon petunjuknya…
    Sebagai gambaran klimat:
    Saya tinggal di daerah parung, di area perumahan baru yang masih ‘gersang’. Deferensiasi suhu siang dan malam lumayan besar. Saya memiliki ‘rumah’ tanaman untuk tanaman2 hias berdaun indah, namun karena dominan jenis Sanse, kondisi sirkulasi udaranya kurang baik. Lumayan tertutup (trauma pernah kemalingan) dengan UV dan paranet. Untuk siang hari yang terik, kondisinya pengap dan panas. Sudah diupayakan untuk menurunkan kelembaban yang terkunci dengan kipas angin, tapi sepertinya belum optimal.
    Rumah saya menghadap barat daya dan anggrek2 yang baru dibeli, saya letakkan di teras rumah yang hanya mendapatkan sinar matahari siang/sore. Belum dilengkapi dengan infrakstruktur yang baik pula…. :-(
    Apa yang perlu saya lakukan sebagai langkah awal merawat dan mencintai anggrek…?
    Saya nggak mau anggrek-anggrek itu ‘tersiksa’ karena ‘terpaksa saya pindahkan’ dari ‘rumahnya’….
    Tolong dibantu rekans…..
    Terimakasih…..

  79. Saya tuh lagi mencoba untuk membuat kebun anggrek tapi, saya tuh belum tahu begaimana caranya menanam pohon anggrek. Jadi saya minta supaya bisa di beri informasi tentang cara penanama anggrek.

  80. saya kurang paham tentang seluk beluk anggrek..
    tapi mama sya sangat menyukai taman ini..

    beberapa hari yang lalu karena cuaca terlalu panas, membuat daun-daun yang ada hampir semua terbakar hangus, tapi tidak semuanya juga sich..

    hal ini membuat mama cukup sdih..
    bagaimana yach biar bisa kembali seperti semula lagi?

    terus, bagaimana yach biar anggrek cepat berbunga?
    thx 4 the info…

  81. ni saya lagi penelitian di tanaman kubis tapi belum kelar2 sampai sekarang gimana caranya supaya cepat kelar biar cepet beres. trim sahdan uniga garut

  82. haii…
    aq dini,
    tau arti multiflora ga??
    truzzz phalaenopsis multiflora hibrid asal indonesia apa aja yah????

  83. salam kenal buat pecinta anggrek.bagi saudara2 yang membutuhkan anggrek species dapat menghubungi kami di no 081334108395.anggrek2 kami memang dari luar smua tp tenang aja anggrek2 kami sudah mendapat ijin kok dari negara.

  84. saya senang sekali memelihara anggrek dan suka ngawinin bunga bunga anggek sehingga jadi buah atau biji anggrek, dan saya ingin sekali membudidayakan anggrek dari biji / buah anggrek hasil silangan tapi bagaimana ya caranya dan dimana saya bisa peroleh bahan bahan kimia dan peralatan yang dibutuhkan saya akan berterima kasih jika ada yang bisa kasih informasi.

  85. cha2 klo pilih yg instan langsung aja bli yg udah berbunga mekarnya lama kok bs sampe 2bln ntar klu cocok sm tmptnya gak lama lagi muncul bunga baru gampang khan.lam knalcha2

  86. Kak saya ada tugas wat mngthui cara budidaya tanamn secara lengkap. dan saya memilih anggrek. tlong wat kakak2 yg telah sukses budidaya anggrek. saya diajarin dong caranya. tololongngng bantuuu y. w kelas 1 Sma.
    Or ke e_mail m FB q j. ne almty: galang_lulu@yahoo.com

  87. Pingback: Budidaya Anggrek « EdyCahyo

  88. saya sedang belajar membudidayakan Anggrek jenis Vanda hasil kultur jaringan… kira2 umur berapa hari ya baru boleh di kasih pupuk atau ZPT ?? kenapa suka tiba2 daun kecoklatan dan mati. kadang busuk juga akarnya. :’(
    terima kasih atas jawabannya… (ditunggu dengan sangat lho…)

  89. Saya baru mau belajar memelihara anggrek, ada tips yang paling mudah untuk Memelihara?? jenis anggrek apa yang pemeliharaannya mudah?

  90. saya baru mencoba budidaya anggrek, tapi baru beberapa minggu daunnya banyak yang kering
    yang mau saya tanyakan :
    1.Apa faktor penyabanya
    2.Mungkin ada pupuk khusus buat tanaman annggrek dan kalaopun ada mohon informasinya apa jenis pupuk itu
    3.Suhu tropis yang bagus buat tanaman anggrek itu mencapai suhu berapa.jika kita mengelolanya cukup di lingkungan sekitar rumah
    4.Adakah ketentuan khusus dalam parawatan tanaman anggrek

    mohon bantuan informasinya

    Terima kasih

    - Widya -

  91. Saya baru coba coba budidaya anggrek, yang cocok untuk saya tanam di rumah saya yang suhunya agak panas jenis apa ya? mohon bantuannya

  92. saya kania punya anggrek vanda.pada awalnya sudah berbunga karena keujanan maka daun menguning, bunga membusuk , akar mengalami pengerutan pula. biar anggrek tumbuh dgn baik, apa ya yang hrs saya lakukan.

  93. Pingback: budidaya anggrek « Bungamawarpink's Blog

  94. saya sangat tertarik pada tanaman anggrek….
    bentuk, serta bunga yang berwarna begitu indah
    pengen banget memeliharanya, setelah membaca materi diatas jadi tau habitat yang cocok buwat bunga anggrek……
    tapi kalo boleh tau, jenis bunga anggrek apa yang mudah tumbuh??..

  95. aku salah satu penghobis anggrek. mohon info na donk bagi yang tau alamat dan nomor tlp nursery anggrek yang khusus ada di daerah ujung pandang (makassar).

  96. artikelnya bgus,dn lbih bgus lg klo dksh gmbr jnis2 anggreknya…
    trm ksh ya, bs q bwt literatur kuliah tanman hias dpoliteknik ngri jmber….
    heheheh

  97. sy baru bljr anggrk bln tp kok daunnya nyunyut satu per satu sampai hbs tlng bantu solusinya thanks a lot

  98. Pingback: Nieshag's Blog

  99. Pingback: Chiwur's Blog

  100. mau tanya mengenai hama atau penyakit yang benyak menyerang anggrek itu apa yya ?
    apakah keparahannya tinggi apabila menyerang anggrek tsb?
    terima kasih infonya.

  101. mau tanya mengenai hama atau penyakit yang benyak menyerang anggrek itu apa yya ?
    apakah keparahannya tinggi apabila menyerang anggrek tsb?
    terima kasih infonya.
    :)

  102. saya menyediakan media anggrek dari pakis. baik yang hancur, pecahan ataupun yang kotak bisa menghubungin saya di 087895416756 (iqbal SP)

  103. Boleh bantu informasi bagaimana memelihara anggrek spesies, Kalimantan,sulawesi dan papua? saya ada 300 pohon masih belajar bagaimana menjaga agar tidak mati?

  104. wah tanaman anggereknya bagus sekali.dan sangat bermanfaat untuk hiasan didalm atau diluar rumah.terimakasih

  105. Rawatlah anggrek itu dgn cinta jg, sy punya byk koleksi fanda and catelya america latin and dendro dr hutan, wah seruuu

  106. kalo bisa ditampilkan jenis2 anggrek atau kelompok anggrek dengan fotonya, jadi kita bisa tau antara nama dan bentuk bunga atau pohonnya…….

  107. saya adalah salah satu peminat tanaman hias, bunga aggrek memiliki daya tarik tersendiri untuk dibudidayakan, selain kendahan bungnya, juga harganya yang cukup tinggi di pasaran..
    artikel ini sangat menambah pengetahuan saya tentang tanaman aggrek..
    terimakasih…

  108. Sukaa sekali artikelnya. Bagus n bermanfaat. Sy pengin punya taman bunga anggrek, biar ibu sy yg udah pensiun bisa santai sambil menikmati indahnya anggrek. Apalagi ditambah suara burung perkutut dan diiringi lagu-lagu campursari. aduuh …. nyaman sekali.

  109. Pingback: Mencoba menanam anggrek (lagi) | La vie est belle

  110. emm..
    aq sukaa anggrek bnget.
    tapii ttep jja nanem anggrek blon ada yg jdii
    ukuran’y segitu” jja,
    gimanaa sii…
    tolong yaa di bantuu,
    :(

  111. di Bandung, dimana yang menjual media untuk cultur / menanam anggrek dari buah (hasil silangan)? kalau membaca buku sulit tampaknya untuk mendapatkan bahan-bahan kimia untuk membuat medianya.Terimakasih.
    yono

  112. Pingback: bunga anggrek | linamarliana

    • mungkin karna suhunya, tergantung jenis anggreknya. pakai pupuk gaviota 67. satu sendok teh untuk satu liter air. di spray ke bagian batang daun. satu minggu dua kali.

  113. bisa kasih info tentang bisnis anggrek macan yg khusus dri papua dn krn di papua byk aneka anggrek yg bagus2 dan dimana saya harus memasarkannya apabila saya menjalankan usaha ini 23B80FDA / 081344144618. terimakasih

  114. fifi : itu agak sulit. kalau anggrek bulan resikonya anggrek bisa mati kalu tidak dengan penanganan yg tepat

  115. bagaimana cara pengendalikan kalo anggrek bulan dibuang media awalnya terus diganti dengan media pakis baru? setelah saya amati kok ada pembusukan pada daunnya apa yang harus saya lakukan. tqu

Leave a Reply