PAI Kota Batu Jawa Timur

PERHIMPUNAN ANGGREK INDONESIA CABANG BATU

PROGRAM KERJA TAHUN 2006-2007

PENDAHULUAN

Perhimpunan Anggrek Cabang Batu sebenarnya telah ada sebelum PAI Malang Raya terbentuk. Keberadaannya menjadi sebagai salah satu wadah bagi petani anggrek dan para hobiis tanaman anggrek di Kota Batu dan sekitarnya. Gerak oganisasi sudah sangat luas, bukan hanya di tingkat lokal, ditingkat Internasionalpun PAI Cabang Batu pada masanya telah diperhitungkan. Kegiatan skala Nasional maupun Internasional sudah pernah diikuti. Namun demikian karena faktor-faktor tertentu pada akhirnya harus menerima kenyataan mati suri.

Batu sebagai daerah otonom yang baru, yang dahulu sebagai kecamatan berubah menjadi Kotatif yang kemudian memisahkan diri dari Kabupaten Malang pada Tahun 2001 berubah menjadi Kota dengan dikepalai oleh seorang Walikota. Dengan pemisahan diri ini sehingga di Malang terdapat 3 (tiga) daerah otonom yang masing-masing dipimpin oleh kepala daerah yaitu : Kota Malang dipimpin oleh Walikota, Kabupaten Malang dipimpin oleh Bupati dan Kota Batu sendiri yang juga dipimpin oleh Walikota. Sehingga dengan inilah maka dibentuk PAI Cabang Malang Raya. Dimana segala aktivitas PAI Malang Raya banyak didominasi oleh Kota Malang.

Batu yang telah ditetapkan sebagai Agropolitan dimana semua aspek pertanian baik petani maupun hobiis tanaman hias khususnya anggrek banyak bersumber di Kota Batu maka Hj. Endang Imam Kabul beserta pihak-pihak yang peduli terhadap pembangunan dan pengembangan tanaman anggrek tergerak untuk mengefektifkan kerja organisasi PAI Cabang Batu. Yang nantinya dengan harapan bahwa tanaman anggrek juga dapat mengangkat kesejahteraan masyarakat di Kota Batu sebagai Agropolitan yang sesungguhnya.

Kemudian pada bulan November 2005 telah terbit Surat keputusan dari Ketua PAI Pusat yang disusun dan diajukan oleh Hj. Endang Imam Kabul bersama-sama para Hobiis dan Sumber Daya Manusia di bidang pertanian khususnya tanaman anggrek beberapa waktu lalu. Sehingga dengan terbitnya Surat keputusan tersebut maka sebagai langkah awal organisasi dirasa perlu untuk menyususn Program Kerja PAI Cabang Batu Tahun 2006-2007.

TUJUAN

Secara sekilas tujuan organisasi telah tergambar diatas namun lebih rinci dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menggairahkan kembali PAI Cabang Batu yang telah lama mati suri.

  2. Mengefektifkan langkah kerja PAI Pusat sebagai pembina.

  3. Memaksimalkan potensi lokal terutama tanaman hias khususnya tanaman anggrek.

  4. Sebagai wadah bagi petani anggrek, pedagang dan para hobiis untuk berinteraksi.

  5. Sebagai langkah nyata Peningkatan Ekonomi masyarakata Kota Batu melalui Tanaman Anggrek.

  6. Dukungan terhadapa pelestarian lingkungan alam terutama pelestarian dan pengembangan tanaman anggrek di Indonesia.

Pada hakekatnya program ini dibuat sebagai acuan langkah organisasi, namun demiian pada pelaksanaannya akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang terjadi dilapanan.

Secara garis besar langkah organisasi adalah sebagai berikut :

  1. Pembentukan Organisasi

  2. Perencanaan Program

  3. Sosialisasi Organisasi

  4. Pelaksanaan Program dengan rincian sebagai berikut :

    1. Kesekretariatan

    2. Pertemuan, baik pertemuan pengurus maupun anggota

    3. Pengembangan Organisasi

    4. Pengembangan dan Konservasi Anggrek di Kota Batu

    5. Pengadaan Pameran dan Bazar

    6. Pemebntukan dan Pengembangan Koperasi Tanaman Anggrek di Kota Batu

PENUTUP

Kepengurusan dan program kerja telah dibuat namun demikian untuk efektifitas pelaksanaannya perlu adanya dukungan baik dari dalam maupun dari luar. Kerja sama yang baik, bantuan dukungan baik moril maupun materiil dari sekeliling sangat dibutuhkan lebih-lebih dari Pemerintah Kota Batu melalui Dinas/Unit Kerja terkait dan masyarakat Batu.

SUSUNAN PENGURUS DEWAN PIMPINAN CABANG

PERHIMPUNAN ANGGREK INDONESIA KOTA BATU PERIODE 2005-2010

Berdasarkan SK DPP PAI No :077-SK/DPP-PAI/X/2005

PELINDUNG : WALIKOTA BATU

KETUA DPRD KOTA BATU

PEMBINA : Sekretaris Daerah Kota Batu

Kepala Dinas Pertanian & Peternakan Kota Batu

Kepala Dinas Kehutanan & Lingkunan Hidup Kota Batu

Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu

Kepala Dinas Perindustrian & Perdagangan Kota Batu

PENASEHAT : Ny. Sien Vanita

Ny. Nasrukan

KETUA UMUM : Ny. Hj. Endang Susilaning Rahayu

KETUA I : Untung Santoso

II Masruchin

SEKRETARIS I : Lis Bambang Parianom

II Tri Agus Abdi Sholeh

BENDAHARA I : Rita Ridwan

II Sulistyorini

Seksi-Seksi :

1. Pengembangan dan Konservasi : Muhlis (Koordiantor)

Heru Waskito

Dedek Setia Sembodo

Yati

2. Diklat & Penelitian : Sustindari (Koordinator)

Insiatun

Asih

Emmy Budiyati

Agung Supriadi

3. Humas : Suyono (Koordinator)

Didik Krisdiono

Wawan Ari Mustofa

4. Pameran dan Bazar : Bambang Parianom (koordiantor)

Sinal Abidin

Sugeng Praptono

5. Koperasi : Mimin Sulasmin (Koordiantor)

Mike Budi Santoso

Viva Hardini

Fitin Anan Susityawati

Alamat Sekretariat :

DPC PAI KOTA BATU

Jl. Raya Beji No. 110 Kecamatan Junrejo Kota Batu

Telp/Faks : +62341 513110 email : paikotabatu@yahoo.co.id

41 thoughts on “PAI Kota Batu Jawa Timur

  1. bagaimana caranya saya bisa mengetahui semua data mengenai anggrek epifit di indonesia?
    saya memerlukan bahan tersebut untuk bahan tugas akhir saya

    terima kasih

  2. Yth Ibu Sustindari

    kami dari cv.vanda jaya yang belokasi di sidoarjo ingin menawarkan pupuk cair khusus anggrek ,sebagai referensi kami telah mengikuti pameran anggrek di ajbs pada tgl 29 maret s/d 03 april 2006 dan mendapat respon dari pencinta anggrek surabaya cukup bagus ,bila ibu cukup berminat bisa menghubungi kami ,kami akan memberikan sampling terlebih dulu.
    Terima Kasih atas perhatiannya
    andreas/085234155744

  3. Saya perlu buku-buku tentang anggrek spesies di seluruh Indonesia, terutama Jawa. Apakah PAI Kota Batu menyediakan buku-buku tersebut? Dimana saya dapat memperoleh buku-buku tersebut.
    terima kasih

  4. Saya dapat info bahwa ada petani angrek bernama Atmo Kolopaking, mohon informasi alamat beliau, terima kasih.

  5. saya baru memulai koleksi anggrek,saya butuh info tentang penanaman,perawatan anggrek dsb.Saya punya beberapa anggrek tapi masih bingung cara perawatannya seperti apa,karena masih awam soal anggrek. Thanx……

  6. Waktu kuliah saya pernah meneliti ttg anggrek, karena saya sangat interest.Tetapi sejak saya bekerja mulai jarang merawat anggrek dan sekarang saya ingin memulai lagi.Dapatkah PAI membantu saya untuk memdapatkan bibit anggrek yang mpy kualitas bagus(terutama anggrek Dendrodium, karena saya tinggal do madiun yang cukup panas).
    Thanks atas infonya….

  7. mohon informasi saya butuh anggrek import dalambentuk botolan dan yang sudah besar. saya tunggu informasinya dengan segera. sekaligus bagaimana caranya menjadi anggota PAI sedangkan saya tinggalnya di banyuwangi jatim. makasih

  8. tolong saya, saya ingin mengetahui berbagai macam jenis anggrek yang ada di indonesia dan saya juga ingin tahu klasifikasi tiap masing-masing spesies

  9. Mohon info alamat/Phone/Email untuk pembelian anggrek partai besar (grosir)

    Makasih,

    Kurnia Banjarmasin

  10. saya sedang mencari naskah yang potensial untuk dijadikan buku dan diterbitkan melalui penerbit Andi, jika bapak dan ibu berminat dapat mengirimkan naskah dalam bentuk hardcopy ke penerbit andi, Jl Beo 38-40 yogyakarta 55281 telp (0274)561881 atau hub saya langsung di 08156592045

  11. Sy pengemar anggrek pemula dr probolinggo.bg pai ajak aq dong bg2 info gt.aq msh prl bljr bnyk mgenai anggrek.gmn jg cr daftar ke pai mlg..apa ada pai dprobolinggo..mnt alamatx dong,nuwun

  12. Hello…

    i very need a help neh..

    aku sudah 3 bulan mengembangkan anggrek bulan yang dimulai dari bibit botolnya. dan sudah aku sepih 1 bibit di 1pot. Nah tiba2 baru aku sadari lama2 kelamaan kok daun anggrek seperti habis dimakan ulat smpe tinggal akar2nya saja. setelah tadi pagi aku bongkar pot anggrekku untuk nemuin ulet itu hasilnya nihil. Malah aku menemukan semacam cacing (warnanya agar transparan gtu) apa itu ya yg makan daun2 anggrekku??? need help untuk membasminya

    Pengennya si anggrek ku aku siram air garam. berhubung cacing mati kalo kena garam tapi aku takut pengaruh ke anggrekku malah mati. ada yang bisa bantu ga??

    kalo ada tolong kirimin aku jawabannya. Kirim ke emailku aja yah metta_cha@yahoo.com

    anggrekku menggunakan media mos

  13. PAI Kota Batu dibentuk dengan tujuan baik, sekarang setelah beberapa tahun apakah pembentukan itu memberikan manfaat kepada anggota seperti cita-citanya. Jangan seperti banyak politikus kita, tegang sedikit bikin partai lagi, dalam PAI, apakah juga seperti itu?
    Pengurus ada, cita-cita ada, dimana manfaatnya?

    Jangan-jangan pengurus juga terpaksa jadi pengurus karena ketuanya isteri bos…
    atau
    untuk bisa dapat dana jalan-jalan kalau ada kegiatan PAI-PAI di kota-kota lain.
    Untuk anggota …. nanti dulu. Gitu yaaw.

    Komen ini berlaku juga untuk PAI-PAI cabang lain di Indonesia

  14. Saya mengajak semua penggemar anggrek baik Hybrid maupun Species untuk bergabung membentuk PAMI (Persatuan Anggrek Milis Indonesia) dimana salah satu tujuannya untuk menyelamatkan kepunahan anggrek species terutama anggrek hutan dengan salah satu jalan yaitu membudidayakan, melestarikan habitat aslinya, membatasi pengambilan anggrek hutan, pencegahan pengambilan secara liar & besar-besaran, dll.

  15. ka saya sedang mengikuti lomba karya ilmiah.
    so boleh minta tolong buat ngasih tau data expor anggrek indonesia
    blz ke email saya

    terimakasih banyak …………………………………….

  16. saya baru memulai koleksi anggrek,saya butuh info tentang penanaman,perawatan anggrek dsb.Saya punya beberapa anggrek tapi masih bingung cara perawatannya seperti apa,karena masih awam soal anggrek. rmh saya d blitar, Thanx……

  17. saya punya tanah di batu sekitar 1 ha, punya modal, tapi tidak (belum) tinggal di kota batu, ingin punya kebun bunga terutama anggrek, saya ingin pendapat atau masukan bapak / ibu yang sudah berpengalaman.

  18. Kami dari Siswi Mts.Hasyim Asy’ari Batu , mau menanyakan tentang populasi tanaman bawang merah dan daun paitan di Kota Wisata Batu …
    Terima kasih atas bantuannya..
    Mohon E-mail kami segera di balas…

  19. Salam kenal,
    Di provinsi kami lagi membentuk PAI dan saya memerlukan job description dari bagian humas dan publikasi untuk contoh. Bisa ya di kirim dari PAI Malang via e-mail saya. TQ

  20. saya suka bnget sama anggek apapun jenisnya…tapi hampir selalu gagal bila saya memelihara anggrek yang paling saya favoritkan…sedih jadinya! bisa dijelaskan ngak cara merawat anggek yang paling murah dan mudah? saya suka kalo anggrek saya tampak hidup alami dihalaman rumah saya. matur thank you

  21. Ada yang bisa kasih informasi ga? Pusat pengembangan dan budi daya Anggrek di Surabaya? Teman saya di Papua tanya nih.

  22. bagaimana caranya saya bisa mengetahui semua data morfologi mengenai anggrek di indonesia?
    saya memerlukan bahan tersebut untuk bahan tugas akhir saya
    saya skrng posisi dimalang

    terima kasih, mohon informasinya…..

Leave a Reply