Pengantar “persilangan anggrek”

Anggrek bersifat hermaphrodit, yaitu pollen (serbuk sari) dan putik terdapat didalam satu bunga, sedangkan sifat kelaminnya adalah monoandrae (kelamin jantan dan betina terletak pada satu tempat) sehingga anggrek termasuk tanaman yang mudah mengalami penyerbukan. Penyerbukan dapat terjadi secara tidak sengaja oleh alam, misalnya serangga. Jatuhnya serbuk sari ke kepala putik akan menyebabkan terjadinya penyerbukan, proses ini lebih mudah terjadi pada tipe bunga anggrek yang memiliki zat perekat pada putiknya (discus viscidis). Bunga anggrek yang tidak memiliki zat perekat disebut polinia, sedangkan bunga anggrek yang memiliki perekat disebut polinaria.

Persilangan dilakukan dengan membuka alat kelamin bunga (gymnostemium) anggrek. Lidi atau tusuk gigi ditempelkan pada lempeng perekat di putik bunga, kemudian digunakan untuk mengambil pollen. Pollen diletakkan di kepala putik (stigma). Persilangan yang diikuti dengan penyerbukan diakhiri dengan membuang lidah bunga untuk menghindari serangga menggagalkan penyerbukan, dan memberikan label pada hasil persilangan tersebut.

Persilangan buatan yang dilakukan antar genus hanya baik dilakukan untuk bunga dengan tipe pollen yang sama, yaitu antara polinia-polinia (misal: Cattleya dengan Dendrobium) atau polinaria-polinaria (misal: Vanda dengan Phalaenopsis). Selain itu, faktor kesesuaian (compatibility) juga menentukan factor keberhasilan dalam proses penyerbukan.

Pemilihan tanaman induk tentunya disesuaikan dengan hasil yang diinginkan dalam suatu proses persilangan. Secara garis besar tanaman induk harus sehat, yang dicirikan dengan penampilan fisik segar, hijau, tumbuh tegak, kuat dan kokoh.

Untuk dapat menghasilkan persilangan yang diinginkan, maka perlu diketahui sifat-sifat yang dimiliki oleh tanaman induknya. Sifat-sifat ini ada yang bersifat dominan (sifat yang kuat dan menonjol) dan sifat-sifat yang tidak nampak (resesif, misalnya keawetan bungan dan proses pembungaannya. Sifat-sifat yang diturunkan oleh induk dari hasil persilangan F1 (keturunan pertama) dapat bersifat dominan, resesif ataupun dominan tidak sempurna yaitu mempunyai sifat antara kedua induk (parental). Dalam menghasilkan persilangan yang berkualitas, maka perlu diketahui hukum-hukum keturunan yang dikemukakan oleh Mendel, yaitu:

  1. Hukum Dominansi ; apabila tanaman A bersifat dominan terhadap tanaman B, hasil persilangan A x B maka F1-nya akan menyerupai A
  2. Hukum Segregasi (hukum Mendel) ; jika tanaman B dan C mempunyai sifat dominan tidak sempurna maka F1 akan mempunyai sifat campuran antara sifat tanaman B dan C. Apabila F1 dilakukan penyerbukan sendiri, maka keturunan F2-nya kemungkinan 50% bersifat BC, 25% bersifat B, dan 25% bersifat C
  3. Hukum Dominansi Bebas ; jika tanaman D dan E bersifat dominant sempurna, maka keturunan F1 akan sama dengan induknya, namun pada keturunan F2 akan terjadi pemisahan sifat, yaitu sifat-sifat yang baik akan diturunkan terpisah dengan yang tidak baik. Pada hokum ini akan timbul kesulitan jika terjadi linkage dari gen-gen pembawa sifat.
  4. Linkage ; merupakan peristiwa yang menyalahi ketiga hukum diatas, yaitu apabila semua gen penyandi sifat yang berbeda terdapat dalam satu kromosom, sehingga sifat-sifatnya selalu diturunkan bersama-sama.

Di Indonesia pada umumnya persilangan anggrek lebih mengarah untuk menghasilkan warna bunga yang menarik, untuk itu sangatlah perlu diperhatikan zat-zat dan organel pembentuk warna pada bunga yaitu:

  1. Anthocyanin, merupakan zat larut dalam cairan sel (sitoplasma). Zat ini menimbulkan warna merah muda, merah tua, dan biru. Warna-warna ini sangat dipengaruhi oleh pH lingkungan cairan sel, bila pH rendah akan muncul warna merah, sedangkan bila pH tinggi akan muncul warna biru.
  2. Anthoxanthin, merupakan zat kimia organik yang juga larut dalam sitoplasma. Zat ini menimbulkan warna kuning muda hingga kuning tua. Jika anthoxantin berada bersama-sama dalam sitoplasma, maka kedua warna tersebut dapat tercampur. Perubahan warna ini dikenal dengan sebutan ko-pigmentasi
  3. Plastida pembawa pigmen warna berbentuk butiran, sehingga tidak larut dalam sitoplasma seperti pigmen yang lain. Pigmen dari plastida akan nampak jika anthocyanin dan anthoxanthin tidak larut dalam sitoplasma.

Albinisme yang terjadi pada bunga anggrek seringkali memberikan suatu nilai komersial yang tinggi. Albinisme umumnya terjadi jika warna yang muncul tidak sesuai dengan kaidah keilmuan dalam genetika tanaman. Hal ini dikarenakan adanya faktor gen atau kromogen yang bersifat resesif atauupun resesif keduanya.

Perkawinan suatu tanaman akan menghasilkan tanaman baru dengan kromosom genap (diploid = 2n).

  1. An x Bn = monoploid/haploid
    AB2n = diploid
    Contoh : bunga warna putih (jantan) disilangkan dengan warna merah muda (betina)
    Jantan : AA
    Betina : BB
    Kemungkinan terjadi :AA —- 1 (25%)
    AB —- 2 (50%)
    BB —- 1 (25%)
  2. (jantan) AABB x (betina) aabb
    AB x ab
    Kemungkinan hasilnya :
    -AaBb Keterangan : A = merah muda
    -Aabb B = Bunga besar
    -AaBB a = Bunga kecil
    -AABb b = putih
    -AAbb
    -AABB
    -aaBb
    -aabb
    -aaBB

Teknik penyilangan anggrek mudah dipelajari, namun tingkat keberhasilan penyilangan tersebut ditentukan oleh banyak aspek, antara lain waktu penyilangan, umur bunga betina, mutu bunga jantan sebagai penghasil pollen, dan yang tidak kalah pentingnya adalah factor keuletan dan pengalaman penyilang itu sendiri.

43 thoughts on “Pengantar “persilangan anggrek”

  1. waduh yg terakhir ini kayanya harus pakai pengalaman deh, kalo sudah bilang bunga jantan dan sebagainya …harus dimulai sih. Ada buku referensi nggak tentang cara menyilang dan memilih indukan yang baik?

  2. Nambah sedikit terdapat anggrek yang bunga jantan dan betinanya tidak pada satu bunga contohnya dimorpochis lowii (asal kalimantan kalau tidak salah) jadi dalam 1 tanaman ada 2 bunga dengan warna yang berbeda indah sekali.

  3. Saya punya 3 jenis anggrek, ( Bulan, Merpati, kala) tapi ssusah berbunga… sudah saya beri pupuk untuk penumbuh bunga, seabiknya pupuk apa saja yang harus saya berikan..?

  4. kalau ada gambarnya akan lebih jelas ya……, coba lihat di buku trubus infokit I ttg dendrobium atau infokit 2 ttg phalaenopsis disitu akan lebih jelas cara dan proses menyilangkan anggrek. Selamat mencoba

  5. Numpang tanya deh,
    kalau tangkai eks potongan bunga anggrek bisa keluar tunas lagi tidak ya..?
    Thanks bagi yang memberi informasinya.

  6. bagaimana dengan persilangan antara phalaenopsis (betina )dan doritis (jantan) ? ( beda genus )
    sudah pernah mencoba ?
    saya pernah, tapi buah yang terbentuk rontok kurang lebih setelah 2 bulan
    apa karena inkompatibilitas ya ? boleh tanya ..(dijawab ya..)
    1. kira – kira penyebab inkompatililitas itu apa aja ?
    2. ada referensi berapa jumlh kromosom anggrek phalaenopsis dan doritis ? ( karena saya pernah baca kalo perbedaan jumlah kromosom dapat pula mempengaruhi ketidakberhasilan persilangan, bener?)

  7. kalau saya mau menyilang bunga jamtan saya bawa dari tempat
    lain, tahan berapa lama bunga untuk untuk bisa saya silangkan
    di kebun saya . Apa ada tips tertentu cara membawa bunga tsb.
    terima kasih apabila ada yang mau membamtu saya sebagai pemula
    penyilang angrek,

  8. cara cerdas dan mudah memperbanyak angrek bagi pemula -beli angrek yg besar sehat dan bertunas banyak -pastikan masing2 tunas mempunyai akar yg kuat,lalu potong tunas tersebut dgn alat yang bersih -tanam tunas2 tersebut pada media tanam yang memenuhi syarat -akirnya kita mempunyai beberapa angrek baru lagi —-mudah bukan— ok thanks

  9. tangkai bunga bisa tumbuh bunga lagi tergantung dari jenis anggrek tersebut. kalau jenis phalaenopsis bisa tumbuh lagi, tapi kalau dendrobium, catleya, cimbidium, oncidium, vanda ga bisa tumbuh lagi. itu yang saya tahu. liat aja apa tangkainya masih hijau atau kering, klw hijau ada kemungkinan tumbuh lagi bunga

  10. salam kenal, oia ada satu cara yang sering dipakai klo anggrek sudah hidupnya merana alias kering… caranya keiki… jadi batang anggrek yang mulai mengering (tapi masih hidup) coba dipatah separuh pada bagian ruasnya tapi jangan sampai putus lalu biarkan beberapa bulan… nanti akan muncul akar dan tunas yang baru…setelah dirasa cukup mapan, individu baru tadi dipisahkan dari batang utama & bisa dipindah ke pot yang baru…selamat mencoba.

  11. assalamualaikum.woi apo kabar ambo ndak ndak nanyo,,,???woi ngapo bungo anggrek yang kami tanam idak endak tumbuh,ngapo dakkkk??cak mano biar dio tumbuh,padahal bibit yg kami beli mahal nian.

  12. assalamualaikum wr.wb
    tanaman anggrek itu ado apo ajo ,tolong jelasin menurut looooooooooohhhhhhh,tunjukin gaya lohhh!!!!

  13. keeeeeeeeeeeeeeuuuuuuuuuuuuyeeeeeeeeeeennnnn
    than_Q banget ya atas pemberitahuan nya

    kl gak aku mana tau caranya gimana ….

    abis di sklh ada materinya sich…..^-^

  14. mohon kepada pembaca yang sudah berpengalaman untuk membantu memberikan info tambahan baik gambar maupun tehnik penyilangan anggrek yang benar dan lengkap.mohon kirim di email saya. terimakasih

  15. assalamualaikum….
    numpang nanya ada yang berpengalaman kultur jaringan angrek atau ada yang berhasil budidaya lewat buahtolong ditularin pengalamannya dong
    terimakasih

  16. Saya mau tanya, Bagaimana agar tanaman angrek cepat berbunga. Soalnya saya punya tanaman angrek yang sudah lama, tetapi tidak berbunga. dan bagaimana agar tanaman angrek saya subur. apa rahasianya. kalo ada yang tau, tolong di email ke saya ya. tk

  17. @jalin: Agar tanaman anggrek cepat berbunga, coba diberikan pupuk dengan kadar P lebih tinggi (misalnya pupuk Hyponex warna biru tua). Supaya subur tanaman anggreknya, berikan pupuk secara rutin (misalnya: 1 minggu sekali), penyiraman dan pencahayaan yang baik (beda jenis beda cara penanganannya), dan penggantian media tanam (yang ini jika media tanam yang digunakan sudah terlalu lama atau sudah rusak, misalnya diatas 2 tahun atau sudah terlalu banyak lumut). Satu hal lagi, jika terkena hama, jangan tunggu waktu lagi, segera diberikan fungisida (untuk jamur) atau insektisida (untuk serangga) untuk meredakan/menghilangkan hamanya.

    @Agus Wahyudi: Anda bisa mencari nya di Google dengan mengetikkan alamat berikut: images.google.com dan berikan kata kuncinya Phalaenopsis :)

  18. salam kenal,
    saya seneng banget sama anggrek dan mau nyoba bisnis anggrek, selama ini saya bli anggrek sekalian mudik, mampir di Lembang dan bli di kios penjual yang pinggir jalan itu, cuma harganya agak tinggi, ada yang punya info ttg sentra penjualan anggrek di daerah Bandung & Lembang ? kao ada , khabari saya yach ? thanks .

  19. buat mba imas klo beli di lembang sebaiknya beli di petaninya jangan beli di pinggir jalan sekitaran cihideung soalnya udah lumayan mahal, kalo mau di petaninya di daerah kampung wangi. lumayan jauh lebih murah ati ati aja kalo bisa di cek per-akar-annya soalnya banyak yang cuma sekedar di tancepin seolah2 anggreknya udah lama.

  20. aku pingin tahu gimana sih menanam anggrek dengan baik and bisa jadi banyak supaya rumah q bisa dikelilingi ama anggrek?kalo bisa ada vidionya!

  21. Dear All,
    saya beralamat di daerah Banten dan berbatasan langsung dengan taman nasional Ujungkulon.
    terdapat beberapa jenis anggrek yang sangat menawan jika berbunga. akan tetapi di sini anggrek sama sekali tidak diperhatikan atau tidak dimanfaatkan sama sekali.
    jiak ada yang berminat berkunjung ke daerah saya, pintu saya selalu terbuka,

    salam
    asep peda
    081387304214

  22. @pak manyur kunci suses menanam anggrek adalah keuletan, memilih jenis yang tepat didaerah Bapak (dtran rndah to tinggi), tahu krakteristik anggrek yang dipilih (suka matahari langsung ato tidak) menurut saya itu sangat penting, tetapi kalo pemula mulai lah dengan anggrek yang gampang dipelihra seperti yang tertera di warna warni, anggrek merpati misalnya niscaya akan sukses.

  23. Ya saya pencinta yang cukup lama mengeluti anggrek tapi metode pesilangan sangat awam, dari dulu saya memperbanyak secara vegetative aja, info ini sangat penting bagi saya, saya ingin belajar menyilangkan anggrek, karena fasilitas laboratorium saya punya, mohon info yang lebih lengkap terima kasih

  24. Saya punya pengalaman agar anggrek subur dan sering berbunga lebat. Kalau saya membersihkan filter aquarium (jangan dicampur air kran, gunakan air dari aquarium), anggrek2 saya rendam selama satu jam di dalam air cucian filter itu. Setelah itu tiriskan. Nanti akarnya akan hijau gemuk-gemuk, daunnya pun gemuk, serta sering berbunga.

  25. Mohon maaf pak, saya baru bergabung dan masih belajar masalah anggrek. kl boleh saya diberi penjelasan dengan gambar perihal penyilangan anggrek dan bagaimana pemeliharaan setelah penyerbukan.

  26. apakah tidak ada gambar mengenai cara penyerbukan anggrek yang lebih rinci agar kita yang baru belajar membudidaya anggrek bisa lebih paham lagi.

  27. bagaiman perawatan yang baik bagi bunga anggrek ??
    dan cara pembibitannya ?!..
    Tolong dijelaskan.
    Terima kasih

  28. Di daerah sy sumenep MDR,sy koleksi angrek sgala macam jenis,terutama speces dr papua,kalimantan,ambon,madura,jawa Dll.tp kendalanya klo musim hujan byk yg d makan ulat,begicot kecil,pd akhirnya mati,teman2 obat apa yg bs hama tp tdk merusak,trims

Leave a Reply