Pohon Anggrek Terbesar dan Terberat di Dunia

Grammatophyllum speciosum
Gambar oleh Destario Metusala 2007

Ini dia si jawara kelas berat dari dunia anggrek. Jawara ini bernama Grammatophyllum speciosum atau seringpula disebut-sebut dengan nama G. papuanum yang diyakini sebagai salah satu variannya. Tanaman ini tersebar luas dari Sumatera, Kalimantan, Jawa, hingga Papua. Oleh karena itu, tidak heran bila banyak ditemukan varian-varian nya dengan bentuk tanaman dan corak bunga yang sedikit berbeda. Dalam satu rumpun dewasa, tanaman ini dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan panjang malai bunga hingga 3 meter dengan diameter malai sekitar 1,5-2 cm. Itulah sebabnya malai bunganya mampu menyangga puluhan kuntum bunga berdiameter 7-10 cm. Dari corak bunganya…penduduk lokal sering menjulukinya dengan sebutan anggrek macan…akan tetapi sebutan ini sering rancu dengan kerabatnya, Grammatophyllum scriptum yang memiliki corak serupa. Oleh sebab itu, anggrek ini populer juga dengan sebutan sebagai anggrek tebu, karena sosok batang tanamannya yang menyerupai batang pohon tebu. Meskipun persebarannya cukup luas…anggrek ini justru menghadapi ancaman serius dari perburuan tak terkendali serta kerusakan habitat. Sosok pohonnya yang sangat besar mudah terlihat oleh para pemburu, terlebih lagi saat memunculkan bunganya yang mencolok. Belum lagi perkembangbiakan alami di habitat dengan biji sangatlah sulit diandalkan karena lambatnya laju pertumbuhan dari fase biji hingga mencapai tanaman dewasa yang siap berbunga. Mungkin hal inilah yang mendasari kenapa anggrek ini menjadi salah satu species anggrek yang dilindungi.

Sebagai pecinta anggrek, pasti anggrek ini akan menjadi salah satu “most wanted” dalam daftar koleksi. Agar perburuan liar terhadap anggrek ini di habitatnya dapat dikendalikan, maka langkah-langkah budidaya secara vegetatif maupun generatif harus segera diberdayakan. Apalagi anggrek ini terkenal sangat mudah menumbuhkan tunas dari stek bulbnya. Setidaknya, dengan membudidayakannya secara vegetatif atau membeli bibit anggrek tebu hasil perkembangbiakan vegetatif (tunas dari stek bulb) dapat menjadi salah satu upaya memelihara kelestarian anggrek alam Indonesia.

43 thoughts on “Pohon Anggrek Terbesar dan Terberat di Dunia

  1. Saya adalah salah satu PNS, akhir-akhir ini saya sangat tertarik dengan tanaman anggrek, apapun yang berhubungan dengan anggrek pasti saya kejar. Saya sangat tertarik dengan artikel “Pohon Anggrek Terbesar dan Terberat di Dunia”

  2. halo mas ollie…
    iya nih..aku juga lagi pengen neliti ttg varian2 di Gram.scriptum…krn kbetulan aku nemuin tengkulaknya Gram.scriptum di Jogja…baunyak buanget en kalo pas ngembang serentak..kita bisa milih varian dengan karakteristik bunga yg istimewa. Aku justru lg penasaran ma anggrek tebu hitam yg dulu sempet kita taksir itu lho…
    Salam knal bp/ibu Sunarni…
    Terimakasih atas tanggapannya…met brgabung ya…skalian gbung di milis dong, biar tmbah rame.

  3. Bpk / Ibu, Anggrek macan di daerah Jambi banyak sekali, saya punya 7 tangkai bunganya di rumah dan satu rumpun kira2 bunganya ada 14 tangkai masih ada di hutan belum saya ambil (nanti saya Foto), saya ingin sekali berbagi dgn penggemar anggrek yg blm punya namun terkendala anggrek tsb susah di bawa lewat pesawat, tolong info bagaimana caranya,tolong email saya j_kaprianto9174@yahoo.com

  4. Saya baru dapat anggrek macan, namun ada bedanya dengan yang sebelumnya ,pada bunganya ada terdapat buah sebesar pisang dan di ujung nya baru bunganya…tolong kalau sdr/sdri tahu jenis anggrek macan apa ini ??? fotonya nanti saya posting juga

  5. Pengen punya, tp takut dibilang merusak alam..selain itu katanya harganya mahal. Rasanya emang lebih baik klo berada di alam siiihhhh…

  6. sekarang di BENGKULU lagi mekar, 1 maret 2007 lalu kuntum pertama.
    buat JOHNIE buah anggrek bila suda mulai terbentuk memang berada dibelakang kuntum bunga, artinya anda melihat kuntum yg lagi berproses membentuk bunga… itu suatu keberuntungan…
    SATU KEKAWATIRANKU…. TEMAN-TEMAN MASIH RANCUH MEMBEDAKAN G. speciosum DENGAN G. papuanum. morfologi batang, daun dan bunga keduanya sangat berbeda. zenzi_anggrekbkl@yahoo.co.id

  7. Salam mas Zenzi
    Sjauh yg saya tau…Sampai saat ini G.papuanum masih sebagai synonim dari G.speciosum, (http://www.orchidspng.com/Grammatophyllum.html), perbedaan warna dan corak bunga bukanlah parameter penting untuk memisahkan menjadi 2 species yg berbeda. Mungkin anda bisa menunjukkan perbedaan tsb dengan mengirim gambar/foto ke milis or ke email saya…sapa tau memang berbeda dan bisa dipisahkan dari G.speciosum…who knows?!!

  8. Mas Zenzi saya silakan lihat di http://anggrek-indah.blogspot.com saya upload kesana, saya rada bingung karena anggrek yang saya punya dari pulau seget irian belum juga berbunga dan saya mendapatkan dari hutan gambut daerah jambi ( foto sudah saya kirim by email) dan sekarang yang di blogspot tsb ada buah nya, apakah ini adalah jenis yang lain atau memang karena proses alam, mohon info , thanks

  9. dear mas dastrio…..
    thanks atas responya…..
    G. Pauanum… warna bunga emang beda…. karena cendrung dasarnya berwarna kecoklatan… sedangkan G. Speciosum dasar pada warna sepal dan petal bunga lebih kuning.
    tetapi yang paling kontras pembedanya…. bukan pada bunga, melainkan pada morfologi batang dam daun,…. G. speciosum daunnya melintir atau berpilin, sedangkan pada G. papuanum daunnya tidak akan perna melintir atau berpilin. saya punya dokumentasi poto keduanya, baik bunga maupun batang. tolong kirimkan ID emil mas destrio ke saya…. supaya bisa kirim foto keduanya (bunga dan morfologi)
    thanks

  10. dear jhonie
    saya belu terima emilmu tuch….. kirim lagi ya…… kalo keterangannya seperti yg Bapak sampein kemarin,… itu adalah buahnya,.. biasanya perubahan menjadi buah didahului oleh kuntum yang lebih pangkal, tetapi kuntum di pangkal tangkai tandan biasanya sepal hanya dua sehingga kelopak terlihat hanya 4, berbeda dengan kuntum2 yg tumbuh berikutnya. biasanya kuntum 4 kelopak ini hanya berjumlah 4/5 kuntum. dan lambat gugur

  11. koreksi sedikit, kalau Grammatophyllum scriptum bukan anggrek tebu. Grammatophyllum speciosum yang disebut anggrek tebu karena batangsemunya seperti tebu. Dua-duanya sering disebut anggrek macan. Memang kerabat dekat dan yang sangat raksasa ya Grammatophyllum speciosum. OK

  12. Salam knal….
    Buat anda yg sangat tergila – gila dengan anggek macan/harimau ( grammatophyllum spciosum ), mamah saya punya lho…. ?
    tinggi 2m sekarang lagi berbunga, cantiiiiik banget !
    kata mamah sih kalo ada yg minat hubungi aja ke 081520367098
    mamah saya bermukim di balikpapan kalimantan timur.
    barangkali saja ada yg minat, ditunggu…..

    salam : Rossy

  13. Anggrek jenis ini lama untuk berbunga, tetapi sekali berbunga lama juga layu bunganya, sy pnya 2 varian dr kalimantan & sulawesi, yg kalimantan baru bln kmrn hbs bungax, yg sulawesi br kuncup, dr awang-samarinda, awang_sety@yahoo.com

  14. Anggrek macan atau anggrek tebu ini juga banyak di Belitung. Tumbuhnya menempel dipohon-pohon.. aku juga punya satu batang, tapi belum berbunga… Kami orang Belitung menyebutnya nibong palai

  15. tolongin saya ya.
    saya punya pohon anggrek macan yang dibawa dr papua 5 bln yl, tapi sampai sekarang gak tumbuh akarnya tapi tumbuh tunas barunya, saya takut kalau lama2 bisa mati, gimana nih some body help me please.(tona)

  16. saya ada banyak anggrek ini, bagi yang berminat sms aja ke 085233360574, harga 40rb perbtg, pesanan minimum 5btg. asal anggrek dari kalbar, tinggi bervariasi, tergantung permintaan

  17. ana, sepertinya nomer yang anda tuliskan di website ini salah. Bagi siapa yang mengetahui penjual atau yang mempunyai anggrek tebu dan berniat menjualnya, please hubungi saya di; huahaha@gmail.com saya berlokasi di pulau lombok, terimakasih

  18. mas Destario Metusala.saya malah punya yang bunnganya mirip bener. tapi kecil. tetapi bentuk tanamannya jauh berbeda. pohonnya kayak anggrek bulan gitu.tapi daunnya uagak memanjang gak melebar. itu anggrek apa hayo. disini.kalteng) orang rancu menyebut yang mana anggrek amacan.

  19. wah di pukau bangka sepanjang jalan orang nanam anggrek macan ini dan ada beberapa jenis warnanya gak sama satu sama lain, buat yang pengen koleksi datang aja ke bangka/salam

  20. mas Desta,dirumah saya ada 5 pohon,tapi bgm cara membungakannya?saya sdh meratnya sekitar 5 sampai 2 thn.saya memiliki satu gramm yg bunganya sgt berbeda.ciri2 bunganya: mirip cymbidium warna coklat menjuntai panjang ke bawah dgn tangkai bunga lebih kurang 2 meter yg unik dari bunga ini yaitu lidahnya bisa goyang seperti bulb.lobii.saya gak memiliki foto bunganya.kira2 jenis gramm apa ya mas?

  21. Bwat mas destario, mas G.speciosum dan G.papuanum bner2 beda y? Nah terus, yang daunnya pendek2 itu ikut jenis yang mana? G.papuanum itu endemik apa nggak? Oh ya, kira2 di pesisir selatan pulau jawa (cilacap sampai banyuwangi) masih ada d habitatnya nggak ya??? Thanks

  22. Saya baru aja mulai menyukai anggek. saat ini saya sedang menanam anggrek Grammatophyllum speciosum. buat yang mau barter saya tunggu ya.

  23. salam kenal buat semua
    sayu baru bergabung d milis ini, trus bbrp waktu yg lalu sy dpt twrn utk usaha tanaman anggrek dr slh seorg teman saya. mungkin ada di antara teman2 yang bisa membantu saya agar yakin melangkah k usaha ini? trima kasih. sy tinggal d bogor, mgkn kalo ad tmn2 yg tinggal d bogor n sekitarnya kalo boleh sy mohon bantuannya untuk saling share mengenai anggrek ini… say tunggu ya…

  24. Salam anggrek oei…..
    Mbak Titin (kalo tidak keliru lho) bisa kirimkan kontak anda ke E-mail ini: wanaorchids@hotmail.com atau sms ke HP: 085648919333, mungkin kita bisa saling share tentang pengembangan bisnis anggrek tersebut.
    terimakasih

  25. buat p awang..
    Buat p awang…
    saya pecinta anggrek dlm tarap pemula…apa bpk menjual koleksinya? saya tertarik dgn jenis anggrek ini, adi-samarinda

  26. baru2 ini saya melihat anggrek yg mirip seperti foto diatas klo berbungga tangkai bunganya panjang sekitar 1-2 meteran di kota tarakan kaltim… kt temen2 itu anggrek tebu.. krna menurut yang empunya menunggu tuk berbungga nya lama trus klo berbunga bunganya luaama benget layunya……

  27. saya sedang mencari biji anggrek grammatophyllum criptum
    tolong saya bisa mendapataknnya dimana??
    TOLONG SAYA SEKARANG JUGA!!!

  28. Salam kenal….
    Sy pernah menemukan anggrek yg batangnya mirip anggrek tebu tapi daunnya lebih kecil dan tinggi batang 50 cm. Bunga berwarna coklat keunguan, sepal dan petal menghadap ke belakang dgn lidah yg bergoyang. Tangkai bunga mirip tangkai anggrek bulan, muncul dari dasar batang dgn panjang sekitar 70 cm. Bunga mekar bergantian dan tiap kuntum hanya tahan 3 hari saja. Anggrek apa itu ya ?. . . .

  29. MEMANG TERBESAR N TERBERAT DI DUNIA,AKARNYA SAJA MUNGKIN SEPEREMPAT BERAT TUBUHNYA,DI TAMAN KANTOR SAYA ADA150 RUMPUN LANGSUNG DARI ALAM

  30. Ana sepertiny nomermu sdh g aktf y?msh punya stok anggrek ini g?ak berminat dgn anggrek ini tlg infonya dong

  31. btw, di kediaman kami di banjarbaru kalimantan selatan, sekarang anggrek tebu lagi berbunga dengan lebatnya…kalo mo liat, silahkan,gratis…cuma liat yaaa..

  32. salam kenal…
    grammatophyllum speciosum merupakan anggrek tebu yg habitatnya banyak tersebar di asia dan grammatophyllum papuanum merupakan spesies endemik dari papua tetapi sama dengan gramatophyllum speciosum hanya saja orang banyak menyebutkan grammatophyllum speciosum var.papuanum.

Leave a Reply