Coelogyne Pandurata – Anggrek Hitam

Dikenal dengan nama Anggrek Hitam atau Black Orchid, karena pada lidahnya terdapat warna hitam. Coelogyne pandurata Lindley tersebar di Malaysia, Sumatra, Kalimantan dan di Philipina di Mindanao, Luzon dan pulau Samar. Pada umumnya tumbuh pada pohon tua, didekat pantai atau di daerah rawa dataran rendah yang cukup panas.


183 thoughts on “Coelogyne Pandurata – Anggrek Hitam

  1. sebenarnya ada berapa sub spesies anggrek hitam di dunia, karena dari bentuk daundan bunga ada beberapa macamnya. serta penyebarannya kok beda-beda antar informasi, yang benar mana saja?

  2. pngen tau anggrek yg hidupnya di pedalaman hutan kalimantan,katanya warnanya hitam,itu bisa gak hidup di jogjakarta?

  3. Mas Nur patria, Jangan bingung2 untuk spesies anggrek hitamnya, entar kita bareng-bareng melakukan penelitian di habitatnya, ok ….. and buat mbak luvi andari, met ultah, semoga sukses and tungguin ya kalau mau melakukan penelitian spesies anggrek hitam.

  4. Saya mau tanya. Ada berapa jenis/bentuk dari Coelogyne Pandurata. Ada yang beritahu kepada saya bahwa bentuk bulb yang bulat melebar jarang berbunga dari yang bulb lonjong memanjang. Benar tidak ya? Terima kasih.

  5. Buat mas tri wododo, lam kenal. Mas c. pandurata kira – kira harganya berapa ya? klo mo dapetin di jogjakarta dimana? mbok saya dikasih alamat petani anggrek di daerah jogjakarta.
    Contact ke e-mail saya ya.
    vidy_83@telkom.net
    makasih

  6. Salam Anggrek,

    Sy pencinta Anggrek, maka sy tdk mau dimutasi kelain tempat selain di Papua. Kebetulan lihat ulasan Anggrek Hitam kenapa dari Papua tidak termasuk katagori penyebaran Anggrek Hitam padahal justru disini sy sering dapatkan n punya beberapa koleksi. Bagi pecinta yang mau bertukar info silahkan hub 085244234364/dedi572001@yahoo.com.Terimaksih, wassalam

  7. Berapa persenkan kebutuhan sinar matahari untuk anggrek hitam ?
    Berapa kali setahun berbunga ??
    Karena anggrek hitam saya, saya tempatkan dibawah naungan pohon dan tidak mau berbunga .
    walaupun sudah saya beri pupuk bunga seperti Gaviota 67

  8. P’jhon Yth,

    Hasil pengalaman saya atau memang sudah dekat dengan habitatnya. Anggrek hitam kurang sekali memerlukan sinar matahari kira-2 40% tapi ada juga jenis tertentu perlu 80%. Coba amati anatomi pohonnya bila akar terlihat kuat/menjalar tidak terhimpit,bentuk batangnya tidak mengecil n daun terlihat segar, masih juga tdk berbunga mungkin jenis laki-2. Terpaksa harus punya yang perempuan.

    Sekian dulu info n pengalaman saya dari Papua.

  9. Apakah anggrek hitam harus punya pasangan? Setahu saya anggrek bisa berbunga sendiri, tanpa ada tanaman yang jantan atau betina?

  10. Saya punya anggrek jenis ini, pada saat saya beli ada bunganya. Tapi sekarang sudah 1 tahun belum berbunga lagi.Saya cuma memberi pupuk dekastar dan air saja. Saya letakkan dia di gantung di bawah pohon belimbing, bagaimana caranya ya merawat jenis anggrek ini supaya dapat berbunga lagi.

  11. ada 3 anggrek hitam :
    1. kuntum bunga hijau ,lidah hitan
    2. kuntum bunga hijau ,lidah coklat
    3. kuntum bunga putih,lidah hitam, baunya wangi
    bentuk bulp dan daun sama ketiganya
    apa ketiganya c.pandurata atau apa namanya?

  12. mao numpank nanya neEh!!
    apa anggrek hitam asalna mang dari kalimantan?
    truz, mayoritas habitat anggrek thu ada dmn seEh?
    pa da hal yg membwt anggrek thu beda ma yg laen mpe dbntuk klub pecinta anggrek, knapa klub pecinta jati koq g ad?

  13. numang nanya juga…apakah anggrek hitam yg diatas asli kalimantan ?katanya bagus yang dari irian gimana to yang bener?kalo yg kaya diatas tuh dirumah juga skarg jug berbunga tapi kok gak bisa tahan lama ya bunganya?mohon pencerahan dari saudara2 semua..maklum pemula

  14. ingin tau sebenernya ada berapa jenis anggrek hitam karena ada yang bilang anggrek hitam warna bunganya jg hitam

  15. C. Pandurata punya lidah hitam, C Asparata punya lidah kecoklatan dan berbau harum, sementara C Dayana kekuningan dan beruntai memanjang, harum.
    Apa ada yang tahu, apakah C Dayana sama dengan anggrek jenis Manuntung? Hub: Handoko_i@imeco.co.id

    Thanks,

  16. Buat kawan2 pencinta anggrek, salam kenal. Saya juga tertarik dengan anggrek hitam. Kebetulan minggu kemarin saya baru dapat pohonnya dari Kebun anggrek Ragunan, JakSel, harganya Rp 25.000,- per pot. Tapi sayang belum ada bunganya. Apa betul aggrek ini harus berpasangan agar mau berbunga?

    Terima kasih dan salam.

  17. Rekans pencinta Anggrek YSH:
    Sy. juga penghobi Anggrek dari mulai Hibrid maupun Species, klo mo Sharing pengalaman boleh tuh….kebetulan Sy. banyak anggrek Species Kalbar karena Sy sedang tugas di Pontianak, selain coelogyne, agg tebu,agg kantong semar juga ada atau jenis bulbopilum, mari kita lestarikan kekayaan alam kita.
    TQ. Wassalam Wr Wb

  18. Dear all,
    Ada punya info utk saya yang pemula dan tinggal di Balikpapan utk mendapatkan bibit anggrek ? karena setahu saya penjual di t4 saya hanya yang udah berbunga aja….
    Atau mungkin ada yg punya bibit dari luar Balikpapan trus bisa dikirim ke Balikpapan? Please…..

  19. Mas Arjo yang baik, saya lagi pengen cari yang c. pandurata nih….cantik buanget…..he..he..he… Tapi karena saya masih pemula yang lagi getol2 nya ngumpulin anggrek, bibit apa aja mau. Kalo Mas Arjo punya bibit2 yang mas sebutkan tadi saya tertarik nih….Mas Arjo tinggal di Bpn?

  20. aku pikir ini lucu,coz dulu dalam benakku anggrek hitam ya warnanya hitam semua, ternyata nggak tho,hehe! aku seneng banget lihat bunga anggrek,eh,bukan sekarang aku lebih dari sekedar lihat,tapi pengin bisa berbuat sesuatu buat bunga favoritku itu. tapi aku nggak tahu mau apa dan mulai dari mana, coz aku nggak punya, eh, belum punya apaa2,ga punya skill,ga punya materi,ga punya sarana prasarana,tapi aku punya keberanian untuk mencoba,kupikir itu cukup untuk diriku sdr,tapi ga cukup buat anggrek,hehe,tapi aku ini msh bljr lho,jd msh ada kesempatan,hehe! mohon masukannya! kamsya! chayo!!! :)

  21. saya mo nyoba tanam anggrek nih,daerah bdg ada yg jual bibit ngga jenis apa aja deh sorry baru di bdg masih blank daerah bdg thx

  22. U/ “Coelogyne Pandurata”
    kreteria dasar: Daun seperti jenis coelogyne yang lain (daun salak) warnanya hijau. bunga tahan antara 1 minggu s/d 10 hari, banyaknya kuntum dalam 1 tangkai 7 s/d 10 kuntum tergantung kesuburannya, bunga besar diameter+/- 7 cm, banyak tumbuh di Kalimanatan (klo di KALBAR ada di Ketapang/G. Palong,Sanggau), butuh kelembaban duh….sorry…ada yg perlu dislskan bsk dilanjut u/ Mas Joko Email Sy.( asep_purnama@telkom.co.id ) TXS

  23. wahhh bangga juga jd ex orang kalimantan nihhh(^_^)v… ternyata anggrek ini jd favorit… kl anggrek kantung semar masih sejenis dg anggrek ini ga???
    bagaimana cara merawatnya??? jenis dan bunganya seperti apa???? ada yg tahu detailnya ga??? BTW di TMII ada taman utk koleksi2 anggrek yachh boleh dounkk saya dishare infonya…. danke…

  24. Saya pnya 2 tanaman anggrek hitam,tapi yg 1 berukuran kecil,bulb cuma panjg 5-6 cm,dan lbar lbh krang 3 cm.yang ini blm pernah berbuga.yang lbih gede bulb-nya pernah beberapa kali berbunga,tp tidak setiap muncul batang baru.kenapa ya? padahal saya sdah perlakukan dangn pupuk yang rutin pula.saya juga pnya jenis Coelogyne sp.tp blm tau nama ilmiahnya,tapi saya yakin jenis Coelogyne.Dia berbatang se ukuran telunjuk orang dewasa,daun panjang smpai 40cm,lbar 3cm.bunga kuning kehijauan,berdiameter 2,5cm.Apa ya spesiesnya.Anda Tahu?????

  25. Aggrek Mitha=> Untuk Kantong Semar ada anggrek adapula yang bukan anggrek, yang jenis anggrek ada yang berdaun besar seperti bungga bakung, ada yang berdaun loreng untuk kantong semar asli biasanya orang diperkampungan untuk dibuat lepet karena kantongnya besar, untuk koleksi Species diTAIP ada klo gak salah di pintu masuk pertama depan Kav.20,
    Rudy Candra=> memang banyak jenis Coelogyne, nti Sy cariin literatur nama2nya krn Sy gak hafal semua, klo mo bukunya Vol 1 di Kalbar baru diterbitkan bulan Maret lalu Harganya Rp.250000 Belum termasuk ongkos kirim, udah dulu cape nich joker dari pagi…..S/ sore…

  26. salam kenal dari BLITAR – JATIM
    saya merupakan salah satu pecinta tanaman khususnya anggrek
    saya sangat gembira dengan semakin marak dan semangatnya para pecinta anggrek dewasa ini untuk mengikuti perkembangan dunia peranggrek…
    kebetulan saya telah memiliki sebagian (lumayan banyak) jenis tanaman anggrek dari berbagai daerah di nusantara ini
    untuk itu bagi saudara di manapun berada yang berminat untuk tukar informasi…TUKAR KOLEKSI… atau INGIN MEMILIKI (membeli) jenis-jenis anggrek yang tergolong langgka dapat menghubungi saya di e-mail: dikyanto_ngo@yahoo.com atau HP. 085234657996.
    Trims & sukses buat semuanya…..

  27. saya berhasil menyilangkan anggrek spesies dendrobium dan ingin mengetahui media yang mudah didapat mohon bantuanya terimah kasih

  28. Saya mempunyai anggrek hitam, anggrek ini saya bawa langsung dari kalimantan. Yang saya ingin tanyakan adalah bagaimana cara perawatannya?

  29. saya minta info tentang penyedia bibit seedling anggrek dendrobium hibrida. harga berapa perumpun? dan brp minimal pemesanan. klo ada temen2 yg tau tolong mail saya ya… TQ

  30. buat saudara yulisco…
    media anggrek atau media untuk menebar bibit anggrek biasanya secara kultur in vitro dengan menggunakan media VW atau MS dan media ini banyak di kupas dalam buku-buku teknis kulturjaringan tanaman umumnya. namun jika anda ingin mempelajari secara lebih khusus dan mendalam mungkin saya dapat membantu anda. silakan menghubungan saya melalui E-mail: dikyanto_ngo@yahoo.com atau telp di No. HP: 085234657996. terima kasih

  31. Salam kenal.
    Saya mau tanya barangkali ada yang punya info tempat belajar cara menyilang anggrek di Jakarta ? kalau ada yang di jakarta barat ?
    Juga mau tanya jenis C.Pandurata perlu sinar matahari banyak ? atau sedikit seperti Anggrek Bulang pada umumnya.
    Terima kasih atas infonya.
    e-mail : yongki_thio@yahoo.com

  32. salam kenal,
    saya pendatang baru nih… saya punya anggrek papua (hitam) tapi gak mau berbunga lagi nih, ada yang punya saran???

  33. FOR LUCY, setau saya petani penangkar anggrek hitam adanya di daerah Samboja (km 38), harganya sekitar 75rb per kotak isinya 3-4 tanaman. ada juga di daerah Kubar deket Kersik Luway, tapi jauh ya dr Bpn. di jogja memang banyak pengusaha anggrek, tapi selama ini saya belum pernah liat anggrek hitam dijual dsna. tanggal 30 Juli-2 Agustus nanti ada konggres plasma nutfah di Bpn, ada pamerannya juga, coba aja nanti datang ke pamerannya,kemungkinan besar anggrek hitam juga akan dipamerkan disana, kan bisa sambil nanya2.
    BUAT PARA EXPERT-nya BLACK ORCHID, apa C. pandurata yang berasal dari tempat berbeda warna bunganya beda2 juga? saya punya yg dari Kersik luway (Kaltim) warna bunganya hijau pucat, temen saya punya yg dari Kab. Pasir (Kaltim juga) warnanya koq bisa hijau cerah ya? ato karena pengaruh sinar mataharinya aja?

  34. Mbak fitri…di Jogja anggrek hitam melimpah ruah dan sering buanget djual dipameran sampai sampai jadi tanaman wajib buat para kolektor..ndak percaya silahkan buktikan di pameran di Mc.donnal dan di Alfa mulai hari ini sampai 5 hari ke depan.

  35. Termasuk anggrek yang terlarang untuk dijualbelikan gak? Kalau ngambil langsung dari hutan mungkin tapi gimana kalau yang hasil perbanyakan dari anakan atau bijinya? Nuhun
    TS

  36. saya punya anggrek hitam, ttp tidak bisa cara merawat dan membungakan. Saya sudah membeli bbrp buku tentang cara merawatnya, tp ya gitu, gak ada hasilnya please berikan tip dan tata caranya, thank’s a lot

  37. Salam Jumpa
    Buat para penggemar anggrek species (seperti c. pandurata, silakan hubungi saya di: dikyanto_ngo@yahoo.com
    saya menyediakan berbagai jenis anggrek species yang unik maupun langka, yang mungkin termasuk jenis yang anda inginkan untuk dikoleksi…
    Terima kasih

    Wassalam…..

  38. Saya seneng anggrek, yang saya punyai baru jenis dendrobium dan phalaenopsis. Karena yang dijual di kios bunga yang banyak baru 2 jenis itu, untuk anggrek hitam aku belum tahu termasuk jenis apa? dimanakah saya bisa mendapatkan informasi tentang anggrek dan dimana saya bisa dapatkan anggrek lain untuk menambah anggrek saya. Kalau ada yang tahu tolong hubungi saya di uniqe_classic@yahoo.co.id

  39. ada yang bilang anggrek hitam termasuk jenis tanaman langka yang dilindungi, n katanya malah ada daerha yang punya perda yang melarang perdagangan anggrek hitam secara bebas, tapi koq …………??

  40. aku barusan dr pedalaman kaltim tepatnya di daerah melak disitu ada hutan yg tanahnya pasir putih habitat anggrek hitam ini nama hutanya kersik uluay, klo berbunga jd wangi bgt

    tp sayang bbrp tahun terakhir hutanya kebakar skrg tinggal 1/4 aja dr luas awalnya :(

    aku ada fotonya mungkin bisa di upload disini

  41. di rumah saya di kaltim punya byk anggrek hitam,,,bbrp aq bw ke jogja,,,masih hidup mpe skrg,,,bagi yang mau,,,,

  42. di rumah saya di kaltim punya byk anggrek hitam,,,bbrp aq bw ke kost aq di jogja,,,masih hidup mpe skrg,,,bagi yang mau,,,,

  43. Sekedar informasi saja, barusan di Pontianak ada pameran bunga. Ternyata anggrek hitam jenis Coelogyne Pandurata dan Coelogyne Asparata(konon bisa mengeluarkan bau harum) dijual melimpah dgn kisaran harga Rp. 50.000 s.d Rp 175.000 per pot-nya.

  44. sepertinya aku punya dh anggrek spt ini bis baru tukeran ma temen baru yg naksir ma anggrekku yg warna orange (yg sampe sekarang aku gak tau namanya apa krn menurut beliau itu hasil persilangan) hehehehehehe…. aku mau tanya apa anggrek hitam ini berasal dari kalimantan barat? krn pd pot anggrek baruku itu tertulis kalo anggrek tsb dari kalimantan barat tp aku lupa namanya… mohon diberikan trik2 perawatan anggrek krn aku punya jenis laen juga.. mohon diemail ke : tapucino@yahoo.com thank’s

  45. Salam anggrek. Kalau ada teman yang punya anggrek Coelogyne Pandurata & mau berbagi, boleh dong saya pesan satu pot. Berapa harga & biaya kirimnya, saya tinggal di Cianjur. Bila ada bisa kirim email ke “caritas_fabie@yahoo.co.id.”. Thank’s.

  46. mbak adinda… saya baru punya c. pandurata ini & baru saja selesai berbunga.. sptnya masih muda yg saya miliki ini… mungkin masih beberapa bulan lagi baru bisa distek… tp sampe sekarang saya malah bingun untuk perawatannya karena yang saya punya ini sptnya masih baru diambil dari hutan karena masih terdapat fungus didaonnya.. bagi rekan2 yg punya pengalaman perawatan c. pandurata ini mohon informasinya ke : dhani_sjofjan@yahoo.com thanks yaaaaaa…………

  47. Mas Dody,

    u Jasa kultur jaringan, bisa hub PT. Manfori Flora daerah bintaro, kebun-lab nya ada di jl jampang – Parung bogor. cmn kayanya u partai besar, (katanya selama iini pemesannya banyakan dr luar negri)…n kl kita mo beli produk dia yg retail, min pembelian 1 track (144 pohon)…gituu..

  48. saya punya beberapa pot anggrek C.Pandurata cuma sayang anggrek ini cepet layunya, Tetapi utk berkembang biak cepet, siapa mau barter utk penggemar anggrek yogyakarta.

  49. Mas Destario n Mas Tri Widodo Yogyanya mana, brkl saya bisa belajar ttg anggrek n bisa barter ato beli murah he….he….

  50. yang butuh anggrek cog.pandurata. khusus di jogja hubungi 081649021505. tanaman dikirim langsung dari kalimantan barat

  51. Anda telah memiliki koleksi anggrek hitam (Coelogyne Pandurata)??
    bila anda ingin memilikinya hubungi di ahides_251280@yahoo.com.
    Seberapa banyak yang anda butuhkan akan dilayani.!!!!!!!!!
    Sebagai informasi anggrek hitam (begitu orang Kaltim menyebutnya) ini berasal dari Kaltim dan memang anggrek alam/hutan.

  52. hai…hai….
    sebenernya anggrek itu termasuk bunga apa?(sempurna or tdk sempurna)
    untuk bu nu2k selamat meneliti
    Emang jel yang d gunakan dalan kultur jaringan bumbunya apaan ya….?

  53. Waktu saya beli anggrek hitam ini ada bunganya tapi sudah sekitar 8 bulanan tidak berbunga lagi.Ada yang bilang anggrek hitam ini berbunga dulu baru jadi bulb tapi anggrek saya ini tumbuh bulb baru terus. Apa ada yang salah..??

  54. aku pnya anggrek, .. klo ga salah namnya anggrek bagedit.. apa.. gt?, trz dpt tugas skul gt deh.., aku pengen tau.. nama latinnya..and cara ngerawatnya.., ada yang bisa bantu?

  55. setahu saya ada 3 species yang bentuk fisik maupun bunganya menyerupai coel.pandurata,
    coelogyne mayeriana, bulb bulat pipih lidah cenderung bewarna orange cerah
    coelogyne verucosa, bulb cenderung pipih memanjang daun lebih tipis lidah hitamnya tidak penuh cenderung di pinggir dan
    coelogyne pandurata, bulb bulat berusuk, daun tebal dan bagian tengah lidah hitam pekat penuh
    info lbh lanjut chay_3th@yahoo.co.id

  56. buat pak djoko darmanjtu…
    kalo aglonema waran hijau polos…. permukaan licin … dan tampilan kayak plastik itu apa namanya pak? soalnya temanku punya satu… tapi tidak tahu namanya.. dan cuma satu pula,, daunnya suda mencapai 34 helai… aku sangat tertarik.. ini emil ku zenzi_anggrekbkl@yahoo.co.id

  57. buat tiara…
    aku baru dengar,,,, klo ada anggrek punya nama kayak gitu… klo itu nama daerah… ya susah juga nyari nama latinnya… itu anggrek spesies atau hibrid(silangan)? kalo sipatnya ada yang epefit, saprofit. bisa berikan infolebih nggak? ini emilku… zenzi_anggrekbkl@yahoo>co.id

  58. untuk heri… papua?
    kamu tunggu saja anakan barunya… karena umumnya anggrek selain dendrobium, rhenenthera n avanda biasanya hanya berbunga 1 kali, bunga selanjutnya dari anakan…. pada pesan sebelumnya ada emilku.. klo heri nggak keberatan kirim fotonya kepada ku…

  59. salam kenal, mungkin ada yang bisa menjelaskan kepada saya cara perbanyakan anggrek melalui biji anggrek dalam botol.
    saya masih bingung, media agar-agar apa yang digunakan dengan campuran-campurannya juga peralatan yang dibutuhkan dan proses pengerjaannya. saya sangat berharap bantuannya mengingat jumlah buah anggrek yang siap tanam semakin banyak. trims

  60. apkah anggrek jenis ini benar-benar langkah?karena saya sering dapat kiriman dari kerabat dari Kalimantan Timur,siapa berminat hubungi 081328018083

  61. anggreknya bagus, info belinya donk??klo tanaman yang lain infonya jg bleh…terutama saya lg cari kantong semar….unik banget bentuknya….ngak kalah juga sama anggrek itu….menurut saya semua tumbuhan itu harus di lestarikan, tumbuhan itu banyak gunanya lohh…terutama buat nyegerin mata & fikiran kita….

  62. Katanya harganya kalo beli perbonggol ya?? kalo ada poto detilnya dong..
    krn saya punya.. tp ndak tau tuh anggrek hitam pa bukan…
    maklum newbies anggrek..:d

  63. Salam,,

    saya asli jogja, kemaren pas penelitian di kalbar saya membawa plg anggrek hitam, tapi belum tahu cara merawatnya..
    mohon bantuan dari para pecinta anggrek sekalian terima kasih.
    email saya :starj3s_id@yahoo.com

  64. FYI,
    Buat siapa aja yang memang benar2 ingin merawat dan memiliki anggrek hitam, saya bisa bantu untuk memenuhinya …. (bukan mo komersil siih, yang penting kita bisa sama2 ngerawat dan melestarikannya)

    Kebetulan sedang banyak stock :
    1. Anggrek Hitam Kalimantan Timur.
    2. Anggrek Hitam Kalimantan Tengah.
    3. Anggrek Hitam Manado.

  65. salam kenal….
    aku amran mahasiswa poltek jember.
    aku mau nanya,daerah mana saja penyebaran anggrek hitam ini dan apakah bisa dikembangkan secara kutur jaringan?seperti layaknya anggrek lainnya.
    Dan aku minta tolong,kirimkan dong datanya anggrek phalaeonopsis soalnya aku mau mengembang anggrek ini secara kultur jaringan.tentunya dengan penemuan baru…..

  66. teman-teman salam kenal, tahu nggak tempat buat beli anggrek hitam? kira2 berapa sih harganya? terimah kasih ya buat infonya

  67. hello juga ay (yakuza_00@yahoo.com)
    harga n photonya ntar aja ya, soalnya saya masih ada di remote area nih …
    may be 2 mingguan lagi bisa ketemu peradaban normal lagi. Kita bisa keep in touch di sbinsar@yahoo.com

    Thanks

  68. anggrek hitam kok langka,sih.kemarin waktu jalan2 ketemu orang di tawari anggrek hitam cuma Rp 5000 suruh beli satu kompek,dia ambil sendiri dari hutan…..,gak percaya silahkan jalan2 ke daerah penajam pasti dapat…

  69. Help..
    Siapapun yang ingin menawarkan species asli anggrek, nepenthes, alokasia, dll asli dari sulawesi tengah-tenggara-utara, maluku, papua, kaltim. hubungi saya 085263377988/ hanya sms..

    trims

  70. @ uwin: apa bener tuh harganya cuman 5 ribuan? 1 kompek itu maksudnya apa ya (saya kurang nangkap)… kalo bisa dibeli dikit (ga banyak2, asal membentuk satu rumpun), saya mau dong…

  71. saya ada jual anggrek hitam, per3bulb (1rumpun) harganya 15rb, kondisi sueger abis… yg berminat sms or call aja ke 085233360574, thanks

  72. hoi ana, aku berminat sekali, tapi aku sekarang lagi studi di eropa, bulan agustus pertengahan aku plulang ke jakarta, apa masih bisa disisahkan untuk aku. trims sebelumnya.

  73. Mas Fardian & Mbak Ana atau siapa saja yang punya anggrek hitam-tam;
    Pliiiiis tolong, saya lagi butuh, mohon penawarannya atau plus gambar. Hubungi saya di nomer: 08123405961 atau 0354-775188, rumahku di Kediri. Jawa Timur.

    Makasih.

  74. Salam Kenal Semua .. Untuk Jenis C.Pandurata ( anggrek hitam ) Atau Jenis Species Kalimantan Lainnya dapat di Jumpai di Pagi Minggu di Km 7 ( Pal 7 ) Banjarmasin. Di sana berbagai Jenis Anggrek ( Species & Hibrid ) di jual dengan harga yg sangat Murah… Just Info..

  75. Salam kenal, sebelumnya sorry saya bukan salah seorang pecinta angrek, tetapi memiliki kakak yang hobby merawat anggrek. Saat ini saya memiliki anggrek hitam yang saya peroleh sewaktu saya di kutai barat. Saya sangat menyayangkan kondisi Taman Nasional Kersik Luwai saat ini yang merupakan habitat alami anggrek hitam justru menjadi rusak, hanya untuk memenuhi hobby para pecinta anggrek, apa nggak kontras tuh. Tanah yang disakralkan selama berabad-abad justru rusak hanya dalam hitungan tahun. Saya harap jangan faktor hobby dan ekonomi saja yang diperhatikan para pecinta anggrek, semoga ada kepedulian terhadap habitat alami anggrek.
    Dan karena saya bukan pecinta anggrek, saya berharap semoga anggrek2 kita tidak kehilangan ‘kampung halamannya’
    Untuk anggrek hitamku, bertahanlah, ku akan menjagamu.

  76. wado Surabaya ketinggalan berita nih. ada gak ya yang jual c.pandurata di Surabaya.aq butuh teman yang bisa kultur jaringan.oke

  77. anggrek hitam ghue belum berbunga cuma jenis nya ada umbi nya yah.. gue bawa banyak bgt tuh dari kalimantan sm anggrek tebu heheh ada yg minat?

  78. c.pandurata keren sih.gwpunya da bkembang.malah anggrek ini yg gw punya ptama kali.gw ada kuljar nya ada yang mau?

  79. Salam kenal, saya sudah lama senang dengan bunga anggrek. Di rumah ada beberapa jenis anggrek. Ada anggrek tanah yang bunganya kalajengking itu loh… sama ada anggrek bulan, dendrobium, dan katleya. Saya mau nambah koleksi saya. Tolong minta info dong dimana saya bisa dapetin koleksi anggrek yang bagus2 kalo bisa juga langka. Hub : ryan_uph01@yahoo.com

  80. saya punya anggrek jenis ini dan juga anggrek spesies yang lain seperi phlnpsis gigantea, violacea, amboinensis, swartiana, macrophylum, gramatophylum dll

  81. Aku termasuk pendatang baru di dunia anggrek, baru 2 minggu.Saat ini aku tinggal di Papua, tanah kaya anggrek, jadi anggrekku sudah sekitar 20-30an. Aku jadi tertarik sama anggrek hitam, cuma di papua gak ada, adanya kribo hitam (D. spectabile) yang berwarna kehitaman. Aku juga punya beberapa anggrek raksasa/macan/Grammatophyllum papuanum. Ada gak yang mau barter anggrek hitam (C. pandurata) dengan G. papuanum. Kalo ada email aja ke neocortex_h@yahoo.com.

  82. saya punya anggrek hitam. di t4 saya kerja buanyak anggreknya.udah beberapa yang diselamatkan. kasian anggreknya ada yang hidup di pasir karna penambangan liar.tujuannya nggak komersil.mau dikonservasi biar anak cucuku melihat nantinya

  83. dosenku di fakultas pertanian universitas tanjungpura pontianak kalbar udah bikin buku anggrek spesies kalbar volume 1. salut ama dosenku yang ketiganya perempuan. mau kenalan ? 085252189958

  84. Saya maw membagi2kan anggrek yang sudah siap tanam untuk souvenir pernikahan saya. Jadi slain tidak tersia2, bisa skalian mengajak melestarikan biodiversity khas indonesia kpd para tamu. Ada saran jenis anggrek apa yang mudah diurus& dalam ukuran sebesar apa? Karena tamu2 saya kan ga smuanya ngerti ngurus anggrek. Klo bisa yg warnanya ungu atau hijau. Ditunggu infonya k email saya dhaniyes@gmail.com thx

  85. Ada baiknya anggrek AERIDES ODORATA atau RHYNCHOSTYLIS RETUSA yang sudah dewasa. Satu rumpun isi 5 batang saja gak sampai 15 ribu yang sudah pada berbunga.

    DIJUAL berbagai mecam PAPHIO dan PHALAENOPSIS dari SUMATRA.
    HUbungi 081933312602
    Juga jual kopi luwak (DIJAMIN ASLI) hanya ada 3,4 kg. Per ons nya
    Rp 200.000,-

  86. saya punya anggrek hitam dari kalimantan
    saya tanam di rumah saya di pacitan ( pesisir selatan )
    makin hari makin kuning daunnya
    sudah saya teduhkan, siram 3x sehari
    tolong sarannya

  87. askum.melalui website ini, saya mau mencari teman semasa kecil, namanya nurjani wahab.asalnya dari klaten. sudah 18 tahun tidak bersua. dulunya nurjani sekolah di sd 1 kampung kauman dan sorenya sekolah ibtidaiyah bersama saya.mungkin teman2 dr klaten kenal dengannya.mohon bantuannya ya.

  88. saya ingin tau bagaimana cara mengembang biakkan anggrek hitam dan bagaimana cara merangsang bunga supaya cepat berbunga karena saya punya anggek hitam sulit sekali berbunganya.

  89. saya punya anggrek hitam, baru beli di TAIP waktu pameran kemaren, tapi sekarang daunnya pada bercak hitam trus lama kelamaan kering, tapi tunas barunya terus tumbuh, mohon petunjuk dong gimana mengurangi bercak hitamnya dan biar cepet keluar bunga? Trims.

  90. q punya anggrek hitam,,,, belum bunga ,,,, jumlah ratusan,,, harga Rp 25.000,- ubungi 085232477666 ,,, pembelian minim 10 pot ,,, tersedia bermacam jenis,,,, ulan,,, vanda,,, dll

  91. saya beberapa waktu yang lalu dibawakan oleh2 oleh teman saya tanaman angrek hitam,kata teman saya angrek tersebut didapat dari salah seorang petani di kutai barat.tapi saya bingung merawatnya ,gimana caranya ya/

  92. Anggrek hitam disebut anggrek hitam karena cuma jenis anggrek ini yang plastidanya warna hitam. Warna hitam adalah warna yang tidak lazim untuk bunga (walaupun hanya sekitar 15%). Saya punya jenis anggrek macan (asal bengkulu) yang didapat sendiri sewaktu tugas di hutan sumatera. Anggrek ini tidak punya taring & tdk menakutkan tapi karena totol-totolnya disebut anggrek macan (raykanaan77@gmail.com)

  93. HALLO, SAYA PUNYA ANGREK HITAM HYBRID. KALO ADA YANG MINAT,HUB SAYA DI 031.72545196 / 031.389.9179. LIMITED STOCK. APALAGI INI JENIS HYBRID, KAN IKUT MELESTARIKAN SI HITAM YANG TIDAK HITAM…. OH YA, SUBUR LAGI LOH….SATI POT BANYAK RUMPUNNYA.

  94. for all. hai ada yang punya bibit botolan anggrek hitam gk? di daerah jogja, cz aq tinggalnya di daerah jogja. pemula neh.. mau nyoba.. klo ada aq di 085729591783.. thx. yg hibrid juga boleh…

  95. bagaimana caranya mendapatkan dana untuk pelestarian anggrek kebetulan saya punya habitat anggrek khususnya anggrek hitam dan kantong semar yang saya jaga kelestariannya dengan luas areal kurang lebih 3 Ha….. dan juga saya sekarang sedang mengumpulkan jenis – jenis anggrek untuk saya lestarikan semoga ada para pencinta yang mau menyumbangan dananya untuk kelestarian hutan kalimantan salam Kenal dari Agus Trianda

  96. untuk mas andre, bisa nyoba nyari di pameran2 di jogja ex di MD ato di ambarukmo. saya juga orang jogja n biasanya banyk anggrek spesi botolan di situ

  97. Kalimantan Timur, pak… cara merawatnya taruh aja di tempat lembab…
    medianya sabut kelapa dan didasarnya dikasih arang

  98. salam kenal,

    saya selalu bingung kenapa orang lebih menyukai mawar, padahal bagi saya anggrek adalah bunga yang paling menarik diantara semuanya,sehingga saya mempunyai rencana untuk membuat tempat pariwisata anggrek untuk tugas akhir saya. menurut anda dimana tempat yang bagus untuk dijadikan tempat pariwisata tersebut.

    mohon dibalas.

    terima kasih sebelumnya.

  99. Setahu saya ada spesies lain dari genus Coelogyne yaitu C bressciata & C foostermanii (maaf klo penulisannya salah), jika ditambahkan ke daftar mungkin akan lebih lengkap.

  100. sy prnh lht pmrn kbudayaan d sanga2 smrnd kaltim, n hrg anggrek htm g mhl2 amat kok cm 150rb yg sdh bbunga

  101. salam kenal apakah bisa T.anggrek di kawinkan dengan jenis lain dengan mengambil DNA setiap anggrek dengan cara menyuntikan pada ***** apakah bisa

  102. Saya dapat anggrek species di hutan Pulau seram Timur, bentuknya mirip pandurata, morfologi sama namun warna bunga rada kuning & lidah warna colklat, mekar satu per satu dan aroma wangi. Ada yg bisa kasih info ttg anggrek ini ??

  103. Pingback: Anggrek Hitam (Black Orchid) « Kultur Jaringan dan Tanaman Hias

  104. Setahu saya, sampai saat ini belum bisa dibuat silangan anggrek dengan menyuntikkan DNA ke tanaman secara langsung karena akan didegradasi oleh tanaman tersebut. Untuk anggrek tertentu yang sulit disilangkan dengan penyerbukan, Pembuatan silangan anggrek bisa dilakukan dengan teknik kultur jaringan misalnya fusi protoplas atau bisa juga dengan teknologi tanaman transgenik, misalnya dengan perantara bakteri Agrobacterium

    Untuk gustav, bisa jadi anggrek yang ditemukan beda spesies, mungkin Coelogyne dayana atau saya kurang tahu nama latinnya, tapi ada yang menyebutnya anggrek tembaga, lebih harum baunya.

    Saya sedang melakukan penelitian thesis anggrek hitam di jogja, dan membutuhkan biji anggrek dalam buah yang masak tapi belum pecah. Adakah yang bisa membantu?

  105. Maaafff,,,perkenalan dulu nichh.,,,ini dari kondowo’sorchid…sebelum mohon maaf mau menanggapin dari foto anggrek hitam yang dipajang,,,kelihatannya itu bukan anggrek hitam dari papua tapi yang dipajang itu fotonya anggrek hitam dari kalimantan,,,saya punya foto nya anggrek hitam asli dari papua,anggrek hitam dari papua punya ciri – ciri yaitu keseluruhan bunganya bewarna merah tua hingga berkesan hitam dan diameter bungannya hingga 15 cm,…kalau ingin share tentang anggrek atau bahkan mau beli anggrek untuk dibudidayakan,,kami punya banyak anggrek spesies dengan banyak jenis.,,hubungi kami di nmr ini 087852437990 atau di email saya kytree_kuya@yahoo.com

  106. Mohon info kalau ada yang tahu, apa bedanya ( bagaiamana membedakan ) antara : coelogyne pandurata, coelogyne asperata dan coelogyne danaya bila tidak berbunga karena berdasarkan sisilah kata semua itu masih kerabat dekat nya.
    Apakah itu anggrek Kalimantan ( INA ) atau Borneo.
    Tks dan terima kasih

  107. Bagi yang tertarik dengan anggrek hitam atau anggrek spesies Indonesia lainnya dapat melihat ke blog zoenie-orchids.blogspot.com anda dapat membandingkan beberapa spesies dari genus coelogyne

  108. Salam kenal ….saya ingin bergabung dan pemula dlm urusan anggrek…gmn cr menanam anggrek tanah, anggrek hitam, dendro dan bulan,,,mohon sarannya..trimakasih

  109. Beberapa bulan yg lalu saya mmbeli anggek hitam, kata orangya sih coelogyne pandurata dari Meratus (KalSel). Dan sekarang anggek saya itu nambah tunas baru terus…. Kira2 kpan yaaa b’bunganya.
    Mohon pemberitahuannya, Trimakasihhh…
    -ilmy, Banjarmasin-

  110. Wah kalo anggrek hitam ky di foto tsb byk d Kalimantan Tengah…malah gw pernah liat habitat aslinya yang ky hamparan permadani anggrek…

  111. ada 3 tandan baru pulang dari hutan bulungan pas ambil sampel air, ada anggrek ambil aja dah… jenis anggrek hitam…

  112. salam kenal,
    saya dari bali apakah ada populasi anggek hitam dibali,mksd saya apa ada yang membudidayakanya di bali

  113. malam …bagi yg bernama andika setahu saya itu no hp pak franky…. tlg bilang beliau agar dapat menghubungi saya sebab saya kehilangan semua data tentang beliau… no saya 085267956859..tq

  114. Kami menawarkan jenis anggrek2 spesies dari kalimantan yg berkualitas dengan harga yg sangat terjangkau.
    Produk unggulan kami yaitu anggrek hitam (Coelogine Pandurata) dan anggrek vanda kuku macan (aerides odorata). Jika anda berminat cp: 089693691117 atau kunjungi website kami http://www.bukit-bougenville.com
    Menerima pesanan hanya untuk daerah jogja dan sekitarny. Trims.

  115. Jual buanyak macam anggrek species dalam dan luar negeri, hybird dan silangan, species botolan dan asli hutan semua ada
    PIN: 324ED02E atau 085641018738

Leave a Reply