Dendrobium Capra

dendro
gambar dari www.orchidsindonesia.com

Anggrek dendrobium yang dikenal juga sebagai anggrek bintang hijau ini merupakan anggrek dataran rendah yang pertumbuhannya relative lambat, akan tetapi memiliki vigor tunas yang cukup tinggi. Persebaran Dendrobium capra tidak terlalu luas atau dapat dikatakan endemik daerah Jawa Tengah hingga Jawa Timur, namun ada pula laporan yang mengatakan anggrek ini ditemukan pula di daerah kepualauan Bali hingga Nusa Tenggara.

Perawakannya yegap dan kaku, batangnya memiliki panjang hingga 40 cm. Diameter batang akan mengecil pada bagian pangkal dekat akar dan tampak menggembung pada bagian tengah batang. Daunnya kaku, berbentuk lanset dengan ujung meruncing, daunnya tersebar hanya dibagian atas batang. Panjang daun mencapai 15 cm dengan lebar 1,5-2 cm. Gagang pembungaannya muncul dari batang bagian ujung, panjangnya mencapai 30 cm, menyangga 4-8 kuntum bunga. Bunganya berbentuk bintang, berwarna hijau muda kekuningan dengan lidah yang dihiasi garis-garis keunguan, mengkilat, kaku dan tampak berlilin. Bunganya berukuran 2,5-3 cm dengan ketahanan mekar hingga lebih dari 1 bulan.

Dari pengamatan penulis terhadap specimen yang berasal dari Gunung Kidul, Jogjakarta. Anggrek ini dapat berbunga sepanjang tahun khususnya pada bulan-bulan kemarau dan peralihan musim. Anggrek ini merupakan anggrek dataran rendah dengan ketinggian 20-900 m dpl. Menyukai kondisi yang tidak terlalu lembab, terbuka (aerasi lancar), intensitas cahaya yang cukup tinggi dengan media tumbuh yang drainasenya lancar, misal arang, potongan pakis atau potongan kayu. Dendrobium ini banyak tumbuh di hutan-hutan jati di Jawa Tengah Jogjakarta dan Jawa Timur dan mampu beradaptasi dengan kondisi kering. Saat-saat terkering pada musim kemarau dimana pohon jati meranggas anggrek ini terpapar cahaya dengan intensitas yang kuat sehingga merangsang pembungaan. Oleh karena itu pula anggrek ini terkenal toleran terhadap kekeringan.

Anggrek ini memiliki potensi kedepan untuk menjadi indukan unggul yang dapat mewariskan sifat-sifat antara lain, warna hijau muda mengkilat, bunga tahan lama dan sosok tanaman yang pendek.

24 thoughts on “Dendrobium Capra

  1. mas rio, anggrek ini merupakan satu favorit saya di rumah, selain affine karena keduanya merupakan pohon kering. ada satu kjadian unik waktu itu
    musim kemarau tiba dan sering kali saya harus sering menyiram tanaman tetapi pohon ini bersama affine menolaknya shingga banyak yang busuk pada saat pohon tsbut kering tiba-tiba keluar tunas baru dari bonggolnya yang lama

  2. sama, saya juga ngefans berat sama nih anggrek…cuma tumbuhnya rada seret gitu..laen dngn anggrek dendro lainnya. Tapi bunganya cantik, awet dan tanamannya ndak terlalu manja.

  3. Saya minggu kemarin jalan jalan ke tajur bogor disentra tas secara kebetulan menemukan jenis/mirip anggrek D.Capra seharga 30ribu,waktu saya lihat hanya 1 pohon langsung saya beli,meskipun mungkin bukan D.Capra tapi persis sama dalam gambaran/uraian tentang D.Capra.

  4. mas tejo
    jangan disiram langsung
    cukup di speryer saja
    jenis ini memang akan merontokan daunya saat musip kemarau
    saat menedekati musim hujan akan timabuh tunas baru
    bila anda punya yang habis daunya tetapi akarnya masih ada sedikit
    silahkan digantung ditempaat yang teduh siram dengan air yang diberi larutan NOVAl grou 5 cc untuk satu liter air setiap 7 hari sekali
    hari biasa cukup speryer air pagi dan sore
    ingat jangan terlalu basah
    mudah mudahan dalam waktu 2 minggu akan tumbuh tunas baru
    selamat mencoba

  5. saya punya salah satu jenis anggrek dirumah,katanya sih termasuk jenis langka,cuman sampe skrg belum berbunga jg jd saya gak tau bentuk bunganya tp daunnya spt daun kelapa gitu.kata yg ngasih nama anggrek ini anggrek harimau,emangnya ada nama anggrek spt ini?

  6. yang terhormat Anggrek.org. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya ajukan:
    1. Apa ciri-ciri tanaman bunga?
    2. Bagaimana mengidentifikasi tanaman berdasarkan bunganya?
    Atas kesediannya menjawab pertanyaan saya ucapkan terima kasih

  7. Untuk mbak mala….anggrek anda adalah Grammatophyllum speciosum, coba baca artikel lain di web ini…nama lainnya adalah anggrek tebu dan masih satu famili sama anggrek macan. Sukses ya!!!

    Buat mbak Apri..duh mbak pertanyaannya kok terlalu luas…gmana kalo dipersempit ke arah anggrek!?? Untuk no 2, yang diperlukan adalah pengalaman untuk sering mengamati anggrek dan ketekunan membaca banyak literatur yang bergambar…mau nggak mau harus menghapal. Ok…trus berkarya yah.

  8. saya baru punya yg bentuknya spt sikat botol… kata yg ngasih ini dendrobium.. apa bener sich??? warnanya ungu dan kecil2 spt lavenda gitu dh.. & bunganya baru keluar setelah daunnya banyak yg berguguran… mohon informasinya dari teman2 anggrek maniac laennya.. diemailkan ke : tapucino@yahoo.com

  9. Dear All,
    Saya punya beberapa tanaman anggrek, yg ciri2nya persis seperti jenis ini (Dendrobium Capra).Hanya saja warna bunganya ungu gelap (burgundy)merata di seluruh bunga.Jumlah bunganya juga antara 4-8.Batang yg ada bunganya tinggi sekali menjulang sendiri +/- 50cm.DAunnya juga hanya ada di atas batang,dekat bunga.hampir sama kan pak? pokoknya semuanya sama kecuali warna bunganya.Ada yg ungu gelap tadi,kemudain kuning kepodang dg lidah agak kemerahan.Apakah ini termasuk jenis yg sama?thx b4.

  10. Dear mbak dian….sepertinya itu bukan species yg sama. Alangkah lebih baik bila foto bunga anggrek anda di kirim ke milis untuk diidentifikasi lbh lanjut. Untuk mas Riko..????!!! maksudnya jadi bahan bakar…apakah semacm kayu bakar atau biodiesel ??? !+_+ kalo itu maksudnya…saya kok blm pernah denger ya. Untuk pak abdollah..anggrek bpk namanya dendrobium scundum..silahkan di cr ket lbh lanjut di google. Terima kasih

  11. Saya koleksi berbagai jenis anggrek spesies, khususnya Jawa. Senang hunting di hutan2 pulau Jawa tapi gak sampe eksploitasi lho…
    Saya dengar Dendrobium Capra ditemukan di hutan Jati Pacitan, Bojonegoro, dan daerah Asembagus (Jawa Timur), benar atau tidak? Di buku Orchid Of Java (JB Comber) juga ditemukan di G. Penanggungan dan selatan G. Lamongan (jawa Timur) apakah skrg masih ditemukan?
    Saya punya anggrek Pecteilis sussanae tapi gugur, katanya ada umbinya apakah masih bisa tumbuh lagi? Please info habitat penyebaran anggrek Pecteilis sussanae. Vandopsis lissochiloides itu tumbuh di tanah atau ephifit?
    Thx…!!

  12. uhm.. ada contoh fotonya ngga? soalnya masi nubie bgt soal anggrek, cuman mau membandingkan dengan anggrek yang ada di rumah hehehe, thx eniwei…

  13. Halo mas vincent
    setauku penyebaran d.capra antara jawa tengah, diy, dan ketimur sampai jawa timur..cuman batas paling timur aku masih blm tau scr pasti..karena ada laporan dendro yg mirip capra di derah nusa tenggara. Meskipun sepertinya penyebarannya cukup luas, tapi habitatnya hanya berupa spot-spot area spesifik di hutan jati. Dari kabar para hunter..d.capra dr jawa timur sebagian besar sudah dikuras dan dikirim ke barat (termasuk jogja). Kalo di jogja sendiri, awalnya perburuan terkonsentrasi di hutan jati kawasan lindung gunungkidul…namun sebelum dendro ini habis, polisi hutan sudah mampu mengantisipasinya…malah ada pemburu yg sempet diberi tembakan peringatan pas ketauan mau cr d.capra. Sekarang, disana ada kelompok tani binaan yg sesegera mungkin mengembangbiakkan anggrek ini. Umbi pectilis akan bersemi kembali…persebarannya sih katanya endemic. Vandopsis hidup semi epifit.

  14. Saya juga ingin kirim2 foto koleksi anggrek saya, termasuk D.capra yg lagi berbunga banyak di rumah. Bagaimana carannya? Thanks atas info dari mas Destario

  15. saya juga punya D.scundum spt punya P.Abdullah mmg stlh daun rontok trs keluar bunga yg indah walau kcl2 tp bbrp btng keluar bareng jadi lucu gitu.

  16. siapa yang punya lbh untuk anggrek Kapra bisa barter dengan saya punya anggrek c.panduarta ato d. fimbriatum, d, anostum, hub 081328719163 (yosef)

  17. anggrek ini udah termasuk kategori dilindungi,tapi kenyataan dihabitatnya sangat terancam sekali keberadaanya bukan karena diburu akan tetapi pohon inang “larat hijau” ditebang abis,capra hidup epifit dipohon jati tepatnya didareah perbatasan jatim jateng yg pernah sy temui,yg menjadi masalah capra hidup pada hutan jadi produksi yg sewaktu2 ditebang ,maka untuk itu perlu penanganan serius kalau kita bener2 ingin menyelamatkan anggrek ini

    by TENGGER ORCHID,anggreksp@yahoo.co.id

  18. Sy punya banyak anggrek seperti ini,tp bunganya putih polos. Waktu mekarnya sbentar,dr pagi smp jam 1 lalu gugur namun bunganya sangat harum

  19. aq pngn banget mngkoleksi D.Capra,tp di bndung nyarinya susah yah.bsa tolong kirim ga yah?trs cra pmbarayannya gmg?trim’s

  20. saya termasuk pemula pecinta anggrek , saya punya beberapa dendro di rumah tapi mengapa di daunnya banyak timbul bintik2 yah? dan bagaimana cara penanggulangannya ? terima kasih

Leave a Reply