Grammatophyllum Stapeliaeflorum

gram.satplflrm
Gambar diambil dari http://www.geocities.com/

Kerabat jenis anggrek ini jumlahnya agak terbatas. Berdasarkan catatan sementara, di Indonesia hanya ditemukan 3 jenis, yaitu anggrek tebu (G. speciosum), anggrek macan (G. scriptum) dan Anggrek sendu (G. stapeliaeflorum).

Anggrek ini biasa disebut anggrek sendu karena warnanya yang kusam dan bentuk bunga yang menggantung seperti cucuran air mata. Bulbnya menyerupai bulb anggrek macan (G. scriptum) hanya saja kulit permukaan luarnya tampak lebih mengkilat dan kaku seperti dilapisi plastic, berbuku tunggal dengan panjang kira-kira 14 cm, lebar 6 cm, agak memipih dengan 2-3 daun pada puncaknya. Daun berukuran cukup lebar, panjang kira-kira 35 cm yang makin menyempit kearah pangkalnya. Bunganya muncul dari dasar bulb dengan tandan bunga yang merunduk dan menggantung ke bawah. Panjang tandan bunga sekitar 30 cm. Pada tandan tersebut tumbuh sebanyak 12 kuntum bunga. Bunga berwarna coklat kelabu keunguan dengan totol-totol ungu tua, berbau tidak sedap.

Jenis ini ditemukan di hutan-hutan di Sumatera, Jawa sampai dengan Sulawesi. Tumbuh secara epifit pada pohon-pohon di hutan-hutan yang agak terbuka. Berdasarkan catatan sementara tanaman ini berbunga pada bulan-bulan Januari, Februari, Juni, Juli. Apakah waktu berbunga tersebut sama dengan berbunganya di alam masih perlu diteliti. Masa mekar bunganya antara 13-15 hari. Buah berbentuk jorong.

Tanaman ini sudah mulai dibudidayakan, tapi sayang peminatnya masih sedikit karena masih kalah populer dibanding dua kerabatnya yang lain, anggrek tebu dan anggrek macan. Umumnya dipelihara di pot besar atau pot gantung besar dengan media tumbuh cacahan akar pakis dan sedikit sabut kelapa. Penyiraman diperlukan tetapi tidak setiap hari. Mudah dikembangbiakkan dengan anakan. Meskipun penampakan bunganya yang kurang menarik, namun anggrek ini merupakan satu-satunya anggota keluarga Grammatophyllum yang memiliki morfologi tandan dengan posisi menggantung. Keunikan inilah yang membuat anggrek species ini mulai dilirik banyak para kolektor.

34 thoughts on “Grammatophyllum Stapeliaeflorum

  1. Saya sebagai penggemar anggrek baru,ingin mencoba sebagai kolektor,ingin mengoleksi anggrek remaja jenis spicies C.pandurata,Anggrek Bambu,Dendro ophylum,dendro secundum tentunya dengan harga miring,maklumlah baru coba2 sms 08128357309 keprak2000@yahoo.com
    terima kasih.

  2. deer…
    aku mahasiswi dan salah satu penggemar bunga Anggrek yang indah ini, aku belum banyak tau tntang anggrek jidi mash bnyk bljar tentang tnaman yg satu ini.
    aku punya 3 anggrek di rumah yang jenisnya berbeda, DEndrobium fimbriatum, Dendrobium Capra dan atunya lgi anggrek tanah
    Anggrek aku yg jnis Dendrobium Fimbriatum ini sbnrnya udah harus brbunga tapi knapa ya tunas yg sharusnya tumbuh bunga malah tumbuh daun2 kcil dan mlai agk mengering?
    Apa ya penyebabnya?
    trima kasih sblumnya

  3. OOh ini toh yang namanya anggrek sendu..Udah pernah liat sebelumnya tp ga tau apa namanya. Jadi smaken pengen tuk memilikinya. Thanks ya bwt infonya.

  4. mas rio..
    saya belum pernah liat yang seperti ini..apa masih susah ya dicarinya?
    waduuhh..pasti mahal sekali ya?kira2 ada yang berminat utk menjual dgn harga miring??kabar2i yaaa…

  5. nggak susah2 banget sih carinya…cuman kurang populer aja..krn bunganya yg kurang atraktif…sehingga banyak pedagang yg kurang minat u ngejual. Harganya dulu pernah antara 40-80rb per rumpun…nggak tau kalo sekarang ya.

  6. mas Rio..
    info doong…kalo di jakarta dsk (dansekitarnya),belinya dimana??kalo yogya jauh je..musti tunggu cuti dulu :)
    matur nuwun ya mas…

  7. hmmm… keliatannya menrik bgt. tapi saat ini saya bru punya G.scriptum dan G.speciosum. dimana dapatin yg ini yo, mahal ga seh.. infonyaak tuggu di 0856 357 0813.thank you..

  8. kalau di Malaysia, ditempat saya, ini rasanya diberi jolokkan ‘Tiger Sekaki’. Dikalangan peminatnya antara kami belum seorang pun pernah melihat bunganya. Saya sendiri sudah memelihara pokok ini hampir 4 tahun, tapi yaa.. melihat pokoknya saja sudah amat bererti… senang dipelihara hanya lebihkan kering dari kebasahan. Memang paling langka mendapatinya. Kalau terjumpa, bisa saja harganya mencecah RM100.00 satu bulb. Itu pun dikira murah jika
    mahu dijual orang…

  9. yang ini saya punya 4 pot sedang, yang 2 pot sudah 2 kai bunga yang 2 sedang dalam pertumbuhan yang merupakan pegembangan/pemisahan anakan dari bulb dewasa dan sudah siap bunga tahun ini
    thanks

  10. anggrek sendu to namanya.saya lekatkan di pohon seri wah pertumbuhannya bagus sekali sering berbunga. cuma warnanya tidak ngejreng jadi teman2 saya yang biasa minta anakan tidak tertarik dengan bunga ini.

  11. mbak rahma rumah dimana, wah kalo boleh nugar anakannya seneng banget. boleh dong minta (ato kalo beli harga berapa?). gak ngejreng gak masalah, bagi sy yang penting anggrek….., tq infonya…

  12. wah, nama indonesianya anggrek sendu ya? kalo di rumah ada tiga varietas, yang paling baru dr sulawesi bungany gede banget, n mekarnya lebar.. mau ngobrol2 anggrek, info2 anggrek sms ya 0813 2064 1878

  13. Koleksi anggrekku lumayan..jenis anggrek sendu paling rajin berbunga dlm satu rumpun bisa sampe 3 atau 4 spek nya tumbuh , lumayan jauh juga sih dapetnya waktu travelling ke Manado tepatnya perjalanan menju Tondano.Cuman yg ndak hoki jenis gramatopilum macan ku punya busuk, aduh sedih banget.

  14. Moooo izin gabung nih, aq suka berburu anggrek di alam!!!!!!
    klu ada minat contact aja okey!!!!!!

  15. saya punya stapeliaeflorum yg sudah berbunga, dan yg siap berbunga satu rumpun 5-7 batang. usia 3-4 thn, ada 30 pot.
    harga per pot Rp.600.000.

  16. Saya mempunyai dua jenis Grammaptophyllum yaitu jenis anggrek macan dan anggrek tebu…saya pengen sekali punya yang anggrek sendunya karena saya punya fotonya tapi saya kurang puas karena tampilan fotonya kecil…bagi dong kalo ada yang detail atau ada yang punya koleksi pohonnya…

  17. cara memelihara anggrek tu,susah2 gampang. pemeliharaan tergantung jenisnya.gak smua sama.ada yang suka terang dan ada yg suka gelap.tapi pd dasarnya anggrek suka angin sepoi2 dan kelembaban. aku punya byk anggrek.tapi yg banyak jenis hybrid. awalnya cuma coba2 tp eh malah jadi maniak. benar kata orang.hati2 ama anggrek,kalo udah terpesona seperti kena hypnotis.lupa ama yg lain.dan pasti ketagihan.

Leave a Reply