Vanda Celebica

Vanda celebica nya destario
Foto oleh Destario Metusala (2008)

Vanda celebica nya rio (detail lip)
Foto oleh Destario Metusala (2008)

39 thoughts on “Vanda Celebica

  1. mas destario, habitat vanda celebica itu di minahasa bagian mana sih???? Truz termasuk anggrek dataran tinggi atau dataran rendah??? Kalo pengin beli yang masih cabutan alam, di mana ya??

  2. Extremely fucking beautiful orchid!!!!! Sayang sulit sekali dijumpai di pasaran… Jadi pengin cari sendiri di hutan… Mas destario tolong kasih tahu infonya ya! Kira-kira di hutan sekitar Tomohon dan Tincep ada nggak ya????

  3. Yth Mas gendost,
    Daripada cari langsung hutan, selain belum tentu dapet, meding nunggu hasil kultur aja ya… kita-kita lg usaha perbanyakan via kultur.biji n kuljar nih..Ok!! Itulah sulit bagiku untuk menyebutkan “habitat” nya selain untuk kepentingan ilmiah n ilmu pengetahuan.
    Mohon maklum ya ^_^!!! peace!!

  4. buat mas rio; wah, bagus banget emang anggreknya, apalagi kalo liat di habitat aslinya. iya mas rio, info ttg habitat in situ sebaiknya emang jgn disebarluaskan dulu deh, terlalu beresiko buat kelangsungan anggreknya di alam.
    buat mas gendost; saran mas rio ok lho, hasil kultur kayaknya lebih “ramah lingkungan” n lebih legal juga hehe.
    mas rio, mau info bibit anggrek spesi hasil kultur dong, ditunggu ya!

  5. Aduh saya melihat sebagai anggrek yang unik, dan rasa2nya belum pernah melihat sebelumnya, itu adanya dimana mas.. siapa tahu pas jalan saya bisa nyari…

  6. Seandainya disilang dengan Vanda Mabelmae Kamahele, entar jadinya kayak apa ya?
    Mas Rio, sebelumnya aku kira Mase ini botanist yang kerja di LIPI atau scientist di BIOTROP, atau Dosen MIPA(Biologi) UGM. Soale kula nembe kemawon masuk di milis ini, jadi kurang begitu tahu.Mungkin baru bulan Februari kemarin. Boleh tha kula nderek gabung di milis menika. Nyuwun ngapunten ingkang kathah ya Mas. Eh Mas kita juga suka koq baca artikel yang berat (walaupu kula bukan dari kalangan akademis).
    Mas Rio kula mbok minta diulaskan tentang Ascocentrum hendersonianum dan Dyakia hendersoniana. Soale kula pernah lihat fotonya di “ORCHIDS BOOK” kalo’Ascocentrum ini dari Kalimantan.Species ini bukaaaaaaaannnnnnn main bagusnya.

  7. Mbak meilia, kadose wonten Jogya kathah. Kayak di Benteng Orchids, Diana Riq (Babarsari) dan lain-lain. Utawi wekdal pameran wonten Alfa lan sanes-sanesipun kadose wonten kathah. (Menawi mboten pada ganti komoditas Anthurium).

  8. mas saya punya jenis anggrek yang batang ndaunnya spt ini. tumbuhnya ditanah bukan dipohon. saya dapatnya di hutan flores….punya mas dapatnya dimana?
    tapi punya saya blm berbunga.saya gak punya alat test jadi gak tau jenisnya apa.tapi bentuk daunya persis kayak punya mas.mohon penjelasanya….

  9. mas kalo boleh kirimin photo anggrek seluruhnya ya, jangan cuman separuh aja.ke imel saya ya………thx

  10. saya berhasil menyilangkan anggrek jenis ini dengan anggrek meggi oei dan sekarang sedang dikembangbiakan di taman anggrek kairagi, manado mohon informasi jika ada orang yang pernah menyilangkan anggrek(Vanda celebica) ini dengan arachnis meggi oei.

  11. Permisi
    saya baru beberapa bulan punya anggrek
    sebenarnya yg bedain jenis dendrobium, cattelya, phaleonopsis, vanda, dsb apa ?

  12. Dijual seedling phal javanica @50ribu, persediaan terbatas, bila berminat hubungi Indra-Bandung 081320405436. thanx

  13. saya udah dapt anggrek jenis ini di Bandung. Saya beli di Bamboo nursery, kalao gak salah pemiliknya Bapak Agus Hanafi. Senang banget deh, udah lama nyari ternyata sekarang udah dapat.

  14. Mas Rio…boleh ga minta no.hp nya? Sy lg mpelajari apa kriteria sbuah tanaman dikategorikan sbg anggrek,& siapa jg yg pertama kali menamai tanaman tsb sbg anggrek.Sy berhasrat mpelajari anggrek dr sisi sejarahnya.Ditunggu ya Mas Rio…tmen2 anggreker2 jg yg mau bbagi ditunggu infonya ya!

  15. Punya berbagai macam anggrek langka bikin hati adem. Sayang waktu di Kalimantan tidak ada waktu searching. Bisa barteran nggak?

  16. mas boleh aku tau alamat & no tlpnya? Aku suka anggrek, dulu sempet beli beberapa jenis da ikut pelatihan diBaturaden. Sedihnya dari sekian banyak anggrek hanya tinggal beberapa saja… Aku perlu banget masukan neh mas, aku ingin lebih serius lg… karna aku ingin memiliki dan melestarikan kekayaan negri ini. Bantu aku ya Mas.

  17. Saya pernah dapat anggrek jenis ini di pajak buah Berastagi, sayang setelah saya bawa ke Semarang karena mungkin ngga bisa adaptasi akhirnya mati

  18. Mas Rio…katanya ada hybrida alami, antara Vanda tricolour x Vanda limbata? mana donk! tolong ditampilkan! kan kita2 juga pengen tau.

  19. saya punya anggrek jenis Vanda yang sy dapat dari teman tp sudah lama nda pernah berbunga, gimana ya caranya?
    jenis yg lain rajin banget berbunga.
    makasih

  20. rasanya aku punya deh anggrek ini, tapi bunganya tidak besar, kecil2,betul tidak? cumna aku tidah tahu aja namanya, sekarang masih sisa sih tinggal 1 or 2 pohong, tumbuh banyak sempat aku buang2in (maksudnya kasih2 orang or kalau lagi berbunga di jual murah2)

  21. anggreknya bagus…saya berdomisili sumatera utara. saya punya anggrek seperti gambar diatas tp nggak tau namanya apa..trus saya mo nanya spesies Vanda yg ad di danau toba itu namanya apa mas…tolong dibantu ya.

  22. kayanya aq punya tuh…. d lihat dari gambarnya cocok… dapat dari mertua… katanya dari hutan sumedang jawa barat…. emang bagus ya? maaf blom tau…..

  23. pak Asep vanda yang dari sumedang bisa berbagi gak…???berapa harganya,atau mau barter dg anggrek sumatera….????

Leave a Reply